Simak Cara Menghilangkan Stres untuk Ibu Kantoran

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ibu Kantoran
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ibu yang bekerja kantoran berisiko mengalami stres akibat tuntutan pekerjaan. Kondisi itu bisa lebih parah lantaran konflik atas tanggung jawab yang dipegang dalam rumah tangga. Karenanya penting bagi ibu untuk mengetahui cara menghilangkan stres, agar kesehatan fisik dan mental senantiasa terjaga. Terutama bagi mereka yang kerja kantoran.

Perlu diingat, kesehatan mental dan emosional ibu adalah kekuatan bagi anaknya. Maka itu, ibu-ibu yang bekerja kantoran perlu belajar mengelola stres dengan baik. Tujuannya agar kesejahteraan mental dan fisik ibu serta anak tetap terjaga. Melansir laman halodoc, berikut beberapa cara mengatasi stres untuk ibu yang bekerja kantoran.

Sesuaikan Standar dan Harapan

Tidak ada salahnya melibatkan suami dalam kegiatan rutin anak bermanfaat untuk pertumbuhan dan perkembangan anak. Studi menunjukkan bahwa anak yang didampingi ayahnya cenderung menjadi siswa yang lebih baik, dan sedikit memiliki masalah perilaku.

Kurangi Membuat Janji dengan Anak

Hindari memberikan janji untuk menemani anak dalam banyak kegiatan. Hal ini hanya akan melukai jika janji itu tidak ditepati. Cobalah untuk menetapkan waktu kegiatan bersama. Misalnya satu aktivitas bersama anak per minggu atau per bulan.

Hindari Menjadi Hiburan untuk Anak

Ibu tidak perlu memberikan stimulasi terus-menerus untuk anak. Misalnya dengan sering bermain bersama, jalan-jalan, atau liburan jika memang tidak memungkinkan. Dalam posisi ibu yang bekerja kantoran, hal terbaik yang dapat diberikan ibu adalah lingkungan yang fokus dan tenang.

Sebutkan Tugas dengan Jelas

Sebaiknya nyatakan pembagian tugas rumah tangga bersama suami. Misalnya, memasak makan makan tiga kali seminggu, membersihkan dan mencuci piring, serta tugas lainnya. Akan lebih baik jika daftar tugas ditulis dan ditempel ditempat yang disepakati untuk menghindari konflik.

Buat Jadwal Me Time

Menyediakan waktu untuk me time perlu dilakukan sebagai tindakan pencegahan stres. Pastikan untuk komitmen menggunakan waktu me time tanpa rasa bersalah, dan tidak terganggu dengan kegiatan lainnya. Kegiatan me time yang dapat dilakukan seperti membaca buku, ngopi di kafe, jalan-jalan, atau melakukan hobi lainnya.

Atur Prioritas

Jika membacakan cerita pengantar tidur atau menemani anak mengerjakan pekerjaan rumah adalah hal yang penting, maka tidak usah hiraukan piring atau pakaian kotor yang belum dicuci.

Populer video

Berita lainnya