Kutil Bikin Mengganggu! Hilangkan dengan Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kutil
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kutil adalah pertumbuhan kulit yang tidak berbahaya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh infeksi Human Papillomavirus. Umumnya kutil bisa muncul di beberapa bagian tubuh, seperti area leher dan wajah. Mungkin bagi sebagian orang keberadaan kutil menyebabkan rasa tidak nyaman sehingga membutuhkan cara untuk menghilangkannya. Melansir laman halodoc, berikut ini cara menghilangkan kutil yang tepat.

Menggunakan Bahan Alami di Rumah

Umumnya, orang mengoleskan bawang putih atau campurkan baking soda dan minyak castor sebagai krim untuk menghilangkan kutil. Namun, hingga saat ini belum ada penelitian yang memastikan penggunaan bahan alami untuk menghilangkan kutil sebagai cara yang efektif.

Jika dilakukan tanpa anjuran dan saran dokter, dikhawatirkan ini akan memicu infeksi kulit yang lebih buruk. Oleh karena itu, sebaiknya periksakan kondisi kesehatan pada rumah sakit.

Penggunaan Obat yang Dijual Bebas

Sebagian dokter penyakit kulit mengatakan bahwa penggunaan obat yang dijual bebas untuk menghilangkan kutil cukup efektif. Biasanya, obat yang dijual di apotek memiliki kandungan asam salisilat. Obat bisa berbentuk krim atau semprotan yang membuat jaringan kutil menjadi beku. Selanjutnya kutil bisa hilang dalam beberapa hari dengan pemakaian rutin.

Pengangkatan Kutil oleh Dokter Kulit

Jika Anda melakukan pengangkatan kutil pada dokter, ada beberapa cara yang akan dilakukan, seperti:

  • Penggunaan nitrogen cair untuk membekukan kutil.
  • Pembedahan kecil untuk kutil yang ukurannya besar.
  • Penggunaan alat laser untuk mengangkat kutil.

Populer video

Berita lainnya