Awas! Ini Bahaya Membawa HP ke Kamar Mandi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Bawa HP ke Toilet
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Saking tergantungnya, tidak sedikit orang yang sulit lepas dari gadget atau HP. Kemanapun gawai seolah tak boleh lepas dari genggaman, termasuk saat ke kamar mandi atau toilet. Padahal, kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan. Sebab, membawa HP ke kamar mandi sama halnya dengan menjemput bakteri penyebab penyakit untuk menjangkiti tubuh. Melansir laman klikdokter, berikut bahaya membawa HP ke toilet.

Kamar mandi sumber bakteri

Meski dibersihkan setiap hari, kamar mandi tetap menjadi sarang bakteri dan organisme lain yang tak kasat mata. Mulai dari gagang pintu, dudukan toilet, hingga keran air bisa menjadi sarang kuman. Efek membawa HP ke toilet berpotensi memindahkan dan menambahkan kuman ke dalam genggaman Anda.

Handphone juga menjadi sumber bakteri

HP adalah salah satu benda yang paling sering menjadi tempat bakteri berkembang biak. Sebab, HP sering kali digunakan dan diletakkan di tempat yang belum tentu bersih. Menurut penelitian, telepon seluler adalah benda yang paling terkontaminasi bakteri dibandingkan dengan tempat duduk toilet. Karena itu, efek membawa HP ke toilet dapat meningkatkan risiko terjadi kontaminasi bakteri.

Memicu gangguan pencernaan

Salah satu bakteri yang mungkin menempel di telepon seluler kamu adalah bakteri Salmonella, yakni bakteri penyebab utama penyakit yang disebarkan melalui makanan. Selain Salmonella, terdapat pula bakteri Clostridium difficile. Keduanya dapat menyebabkan gangguan di saluran pencernaan.

Ketika bakteri yang menempel pada HP kita sentuh dan tanpa disadari masuk ke dalam tubuh, mikroorganisme ini dapat meningkatkan risiko gangguan pencernaan seperti mual, muntah hingga diare.

Memicu masalah kulit wajah

Bahaya membawa HP ke toilet lainnya bisa meningkatkan risiko kamu terjangkit bakteri kelompok Staphylococcus. Yakni bakteri yang bisa menyebabkan masalah di wajah dan meningkatkan risiko kulit berjerawat. Apalagi, HP bisa menempel di wajah saat kamu melakukan aktivitas menelepon.

Otak menjadi lelah

Kebiasaan membawa HP ke toilet bisa membuat otak akan semakin lelah karena berkutat dengan e-mail, membalas chat, dan sebagainya. Sebaiknya manfaatkan waktu di dalam toilet untuk beristirahat sejenak dan lepas dari gadget beberapa saat.

Memicu stres

Ke toilet seharusnya dapat menjadi waktu untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kegiatan yang dilakukan. Namun, ketika membawa HP ke toilet, Anda menjadi fokus kembali dalam kegiatan yang dilakukan. Jika tidak memberikan waktu bagi pikiran untuk beristirahat sejenak, kebiasaan ini bisa saja meningkatkan rasa stres.

Populer video

Berita lainnya