5 Tanda Masker yang Anda Gunakan Harus Diganti

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Isimewa

Celebrithink.com – Memakai masker menjadi salah satu cara untuk menjaga diri dari penularan COVID-19. Tapi, masker yang digunakan tentu saja harus yang berkualitas dan harus diganti. Terutama apabila anda menemukan tanda-tanda berikut ini. Dilansir dari laman Times of India, berikut 5 tanda yang mengharuskan anda mengganti masker.

Merasa tidak nyaman

Masker dengan kualitas buruk akan membuat anda merasa tidak nyaman. Masker yang jelek atau terdegradasi juga akan menyulitkan anda memakainya hingga berjam-jam. Ini juga bisa membuat anda sulit bernapas.

Robek

Masker yang telah robek, berlubang atau luntur setelah digunakan adalah tanda sederhana masker harus diganti. Lubang atau celah pada masker, memungkinkan masuknya virus dan kuman dengan mudah.

Mengalami masalah kulit

Iritasi kulit, ruam atau jerawat juga bisa menjadi pertanda anda menggunakan masker dengan kualitas buruk atau terlalu lama menggunakannya. Ganti dengan yang baru untuk mengetahui perbedaannya. Semakin lama masker kamu tidak dibersihkan, semakin besar kemungkinannya terkontaminasi. Masker yang bisa dipakai lagi seperti masker kain, harus dicuci setelah dipakai.

Tali masker longgar atau sudah lepas

Tali masker yang mengelilingi telinga harus selalu pas. Jika tali longgar, ada banyak ruang bagi virus untuk masuk. Hal ini juga mengakibatkan terasa tidak nyaman untuk dipakai.

Memperpanjang penggunaan masker sekali pakai

Meksipun masker kain dapat digunakan kembali, masker sekali pakai, seperti masker bedah harus dibuang setelah sekali penggunaan. Memakainya dalam waktu lama dapat memudahkan kuman untuk masuk. Tak kalah penting, selain memakai masker, anda juga harus menjaga jarak dan mencuci tangan, dan melakukan tes COVID-19.

Populer video

Berita lainnya