Tips Liburan di Tengah Musim Hujan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Liburan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Momen liburan akhir tahun di tengah musim hujan tentu menjadi tantangan tersendiri. Itu sebabnya, Anda dan keluarga perlu membuat rencana dan persiapan yang matang sebelum berlibur. 

Salah satu hal terpenting yang wajib Anda perhatikan yakni kondisi kesehatan. Sebab banyak masalah kesehatan yang rentan terjadi selama musim penghujan. Dengan persiapan yang baik, kesehatan Anda dan keluarga dapat tetap terjaga sehingga bisa menikmati waktu berlibur.

Bagi Anda yang merencanakan liburan bersama keluarga di akhir tahun ini, ada beberapa yang perlu diperhatikan. Melansir laman Halodoc, berikut penjelasannya.

Pilih destinasi yang tepat

Saat memilih destinasi liburan, perhatikan cuaca dan curah hujan di daerah tersebut.  Apabila kamu ingin beraktivitas di outdoor saat berlibur, pilih destinasi yang memiliki iklim stabil atau dengan curah hujan yang cenderung sedikit.

Tujuannya agar dapat menikmati liburan dengan lebih nyaman. Namun jika tidak memungkinkan, sebaiknya pilih fasilitas indoor yang tak kalah menarik untuk menghindari hujan.

Bawa perlengkapan hujan yang memadai

Pastikan membawa perlengkapan hujan yang memadai seperti payung, jas hujan, dan alas kaki tahan air. Perlengkapan ini akan melindungi dari hujan yang tiba-tiba turun.

Jangan lupa untuk memeriksa kembali perlengkapan tersebut sebelum berangkat.  Dengan begitu, kesehatan Anda dan juga keluarga selama liburan tetap terjaga.

Perhatikan pola makan yang sehat

Perharikan pola makan sehat dan jangan mengonsumsi makanan sembarangan. Coba cari rekomendasi kuliner lokal yang lezat namun tetap seimbang nutrisinya. 

Jangan lupa mengonsumsi buah-buahan dan sayuran setiap harinya untuk menjaga kesehatan pencernaan dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Istirahat yang cukup

Tetapkan jadwal tidur yang konsisten dan pastikan Anda dan keluarga mendapatkan cukup istirahat setiap malam. Istirahat yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan fisik dan mental selama liburan.

Cek kondisi kesehatan sebelum liburan

Pastikan Anda dan keluarga dalam kondisi kesehatan yang baik. Jika Anda atau anggota keluarga lain memiliki kondisi kesehatan tertentu, periksakan ke dokter sebelum liburan. Tujuannya memastikan tubuh fit selama liburan.

Pantau ramalan cuaca

Perubahan cuaca dapat terjadi dengan cepat, terutama selama musim hujan. Oleh sebab itu, pantau informasi cuaca secara berkala agar kamu bisa merencanakan kegiatan liburan dengan lebih baik.

Cara ini juga membantu untuk tetap siap menghadapi perubahan cuaca yang tiba-tiba.

Siapkan tas P3K

Persiapkan tas P3K (pertolongan pertama dan penanganan keadaan darurat) yang berisi perban, antiseptik, dan alat medis sederhana lainnya. Bawa juga obat-obatan dasar seperti obat demam, obat flu, dan vitamin untuk mengantisipasi kemungkinan sakit ringan.

Tas P3K berguna dalam situasi darurat dan memberi perlindungan tambahan terhadap potensi risiko kesehatan selama liburan.

Jaga kebersihan diri

Saat musim hujan, potensi risiko penyakit menular semakin meningkat. Itu sebabnya, perlu menjaga kebersihan diri selama musim hujan. Pastikan juga rutin mencuci tangan menggunakan sabun, terutama sebelum makanan, menyiapkan makanan dan setelah menggunakan toilet.

Jangan lupa mandi menggunakan sabun setelah kamu kehujanan saat bepergian untuk memastikan tidak ada kuman dan bakteri yang menempel.

Populer video

Berita lainnya