5 Buah Pengganti Cairan Tubuh Setelah Berpuasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Dehidrasi karena berpuasa adalah hal yang mungkin terjadi. Maka dari itu, buah-buahan menjadi salah satu asupan yang cukup penting setelah seharian berpuasa. Selain mengandung pemanis alami yang baik untuk tubuh, ada beberapa jenis buah-buahan yang mengandung kadar air yang cukup tinggi, dan sangat baik untuk menggantikan cairan tubuh yang hilang selama kamu menjalani ibadah puasa.

Dilansir dari laman halodoc, berikut ini adalah buah-buahan yang kaya kandungan air, dan cocok dijadikan pelengkap hidangan berbuka puasa.

Semangka

Semangka termasuk salah satu buah-buahan yang mengandung air cukup banyak. Selain mengandung air, dalam satu buah semangka juga mengandung 12 gram karbohidrat yang membantu tubuh menyerap cairan.

Air kelapa

Buah ini paling sering dicari saat berbuka puasa. Air kelapa merupakan cairan yang paling higienis dan memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh manusia. Air kelapa memiliki tingkat hidrasi sebanyak 95 persen, mengandung sodium dan juga karbohidrat.

Jeruk

Jeruk juga termasuk buah-buahan yang cukup banyak mengandung air. Biasanya setelah mengonsumsi jeruk saat berbuka puasa, rasa haus akan segera hilang karena kandungan air pada buah jeruk sebanyak 87 persen. Selain memiliki manfaat mengurangi dehidrasi, ternyata jeruk juga bermanfaat untuk mengurangi risiko penyakit kanker karena mengandung zat limonoid.

Di samping itu, vitamin C yang terkandung pada jeruk bisa menjaga kesehatan kulit kamu selama menjalankan ibadah puasa. Dengan asupan vitamin C yang cukup, kulit kamu akan tetap lembap dan terhindar dari kekeringan.

Mentimun

Siapa sangka mentimun juga dapat membantu mengurangi dehidrasi pada tubuh. Kadar air pada buah mentimun mencapai 96 persen. Selain menghilangkan rasa haus dan dehidrasi, mentimun juga memiliki banyak manfaat lainnya untuk kesehatan. Air mentimun nyatanya juga bisa menghilangkan racun yang ada pada tubuh. Selain itu, kandungan serat yang tinggi pada mentimun bisa menjaga sistem pencernaan. Hebatnya lagi, buah mentimun juga bisa mengurangi risiko gagal ginjal jika mengonsumsi buah mentimun secara rutin.

Melon kuning

Selain memiliki rasa manis alami yang baik untuk kesehatan, melon kuning juga memiliki kadar air sebanyak 90 persen. Buah ini sangat baik untuk mengganti cairan dalam tubuh kamu setelah berpuasa selama kurang lebih 12 jam. Tidak hanya mengandung air yang cukup tinggi, melon kuning juga mengandung vitamin A dan C yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit dan mata pada saat berpuasa.

Populer video

Berita lainnya