Jaga Kesehatan Mata Anda, Simak Tips Aman saat Bermain Gadget

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Main HP
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gadget sudah menjadi bagian penting dalam kehidupan masyarakat saat ini. Bahkan tanpa disadari, Anda menggunakan gadget hingga berjam-jam dalam sehari. Karenanya, Anda dituntut berhati-hati mengingat penggunaan gadget sudah menjadi bagian dari kehidupan sehari-hari. Terutama berhati-hati demi kesehatan mata.

Kebiasaan menggunakan gadget dalam waktu lama dapat menimbulkan pengaruh buruk terhadap kesehatan mata. Mulai dari rabun jauh, sindrom mata kering, hingga mata lelah. Untuk menghindari risiko terjadinya kerusakan dan gangguan mata di atas, berikut beberapa tips aman main gadget seperti dilansir dari laman klikdokter.

Membatasi waktu penggunaan gadget

Hindari penggunaan secara berlebihan dan batasi waktu penggunaa gadget. Misalnya menggunakan aplikasi tertentu untuk membatasi pengguaan media sosial di ponsel. Buat aturan seberapa lama Anda boleh main gadget.

Istirahatkan mata

Istirahatkan mata Anda setidaknya setiap 20 menit sekali saat menggunakan gawai secara terus menerus. Ambil waktu sekitar 20 detik untuk melihat kejauhan dalam radius sekitar 20 kaki atau 6 meter. Dengan begitu, Anda akan mengistirahatkan mata sekaligus membuat mata agar tidak bekerja terlalu berat.

Jaga jarak pandang dengan gadget

Jangan gunakan gadget dalam jarak yang terlalu dekat. Sebaiknya, beri jarak sekitar 30–45 cm antara layar gadget dan mata Anda. Sebab, jika terlalu dekat, cahaya dan sinar biru pada gawai dapat membuat mata bekerja semakin berat, Anda mudah mengalami sakit kepala, mata pun menjadi mudah kering.

Memejamkan Mata

Memejamkan mata selama setidaknya 30 detik, dapat membantu menyebarkan air mata untuk melapisi seluruh permukaan mata. Dengan demikian, mata tetap basah dan tidak menjadi kering. Maka, mulai pejamkan mata Anda ketika mulai terasa gatal dan kering saat main gadget.

Jangan gunakan cahaya terlalu terang

Khusus di ruangan gelap, jangan menggunakan cahaya yang terlalu terang. Redupkanlah cahaya di layar gawai Anda serendah mungkin agar mata tidak bekerja terlalu keras.

Pijat sudut mata dengan lembut

Anda bisa memijat bagian sudut mata untuk mengatasi mata lelah setelah lama menatap layar gadget. Cobalah untuk memijat bagian sudut mata dekat hidung dengan gerakan memutar secara lembut. Pijatan ini dapat melancarkan aliran air mata di salurannya.

Populer video

Berita lainnya