Ketahui Posisi Duduk yang Benar saat Membaca

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membaca
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kebiasaan membaca sambil tiduran memiliki dampak buruk bagi kesehatan. Sebab, kebiasaan tersebut dapat menimbulkan nyeri leher, otot, dan punggung. Oleh karena itu, perlunya mengetahui posisi membaca yang benar guna menjaga postur tubuh dalam posisi yang tepat. Melansir laman klikdokter, berikut ini rekomendasi posisi membaca yang tepat dan bisa diterapkan.

Duduk dengan benar

Posisi duduk yang benar saat membaca yaitu mempertahankan posisi tulang belakang tetap lurus. Sebenarnya tulang belakang manusia pada dasarnya tidak mungkin bisa lurus. Karena, punggung memiliki lengkungan alami. Meski begitu, mempertahankan posisi lurus ketika membaca sangatlah penting guna menghindari sakit punggung bawah.

Untuk dapat duduk lurus, tempatkan bokong Anda pada sudut kursi yang terletak di antara sandaran punggung dan pantat. Lalu, rasakan tulang belakang berada tepat di atas pinggul. Sementara, punggung dalam keadaan tegak dan kokoh.

Jaga kepala tetap lurus ke depan

Duduk dan membaca dalam posisi kepala tertunduk bisa menyebabkan leher dan punggung atas terasa pegal dan nyeri. Hal itu terjadi karena posisi tersebut berdampak pada saraf, menyebabkan radang sendi, cedera cakram, dan nyeri otot. Oleh sebab itu, Anda disarankan untuk membaca dalam posisi duduk yang benar, serta menjaga kepala agar tetap lurus ke depan. Anda juga tidak boleh memiringkan leher.

Atur jarak pandang dengan bacaan

Guna menjaga risiko gangguan mata, penting untuk menjaga jarak pandang mata Anda dengan bacaan. Idealnya, jarak pandang dengan bacaan lebih dari 25 sentimeter. Untuk memperoleh arah pandang yang ideal, gunakan penyangga buku. Pastikan pula siku tangan sejajar dengan penyangga tersebut.

Pencahayaan yang cukup

Jika Anda membaca di ruangan dengan pencahayaan yang redup, otot mata akan bekerja ekstra keras untuk dapat fokus melihat bacaan. Hal itu menyebabkan mata tegang dan mudah lelah. Karena itu, pencahayaan ruangan yang cukup penting untuk menjaga kesehatan mata ketika membaca.

Letakkan kaki di lantai

Duduklah di kursi yang nyaman dan letakkan kaki di lantai hingga membentuk sudut 90 derajat. Cara ini membantu menjaga tulang belakang tetap lurus ketika membaca buku.

Populer video

Berita lainnya