Dear Ibu, Ini Tips Ampuh untuk Me Time dari Pekerjaan Rumah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ibu Rumah Tangga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menjalani pekerjaan sebagai ibu rumah tangga seperti merawat dan mendidik anak, menjadi hal menyenangkan yang dirasakan oleh ibu. Meski begitu, tak dipungkiri rasa lelah juga terkadang menghampiri. Sebab, tidak mudah menjadi ibu rumah tangga dan menjalankan semua aktivitasnya setiap hari.

Tak jarang, banyaknya jenis pekerjaan rumah membuat ibu kesulitan memiliki waktu luang untuk dirinya sendiri. Padahal, me time terbilang penting bagi ibu rumah tangga, agar terhindar dari berbagai gangguan kesehatan fisik maupun mental. Lantaran merasa terbebani oleh pekerjaan rumah. Melansir laman halodoc, berikut cara ibu me time dari pekeraan rumah.

Buat Jadwal Secara Rutin

Cobalah untuk membuat jadwal pekerjaan rumah yang harus dikerjakan setiap harinya. Dengan memiliki jadwal rutin, ibu bisa mengoptimalkan pekerjaan rumah yang akan dikerjakan sehingga bisa memanfaatkan waktu dengan baik. Jika ibu ingin membuat jadwal harian, buatlah jadwal di malam hari sebelum beristirahat malam.

Bangun Lebih Pagi

Tidak ada salahnya untuk mencoba bangun lebih pagi agar jadwal yang dibuat dapat dilakukan secara tepat. Dengan bangun pagi, ibu bisa melakukan pekerjaan dengan lebih maksimal. Selain itu, energi saat pagi hari masih cukup optimal sehingga pekerjaan rumah bisa diselesaikan dengan tepat waktu.

Jalani Prioritas Pekerjaan Rumah

Saat pagi hari, tentunya ibu akan memiliki banyak tenaga. Pastikan ibu mengetahui prioritas pekerjaan rumah yang perlu dikerjakan lebih dulu. Ini membuat pekerjaan rumah pada siang hari akan menjadi lebih ringan sehingga ibu memiliki banyak waktu untuk beristirahat. Tidak ada salahnya membuat jadwal mencuci setiap tiga kali dalam seminggu atau melakukan pembersihan secara menyeluruh setiap satu minggu sekali.

Jangan Menunda Pekerjaan

Pastikan pekerjaan rumah berjalan sesuai dengan jadwal yang dibuat. Jangan menunda pekerjaan karena akan membuat waktu bekerja semakin lama.

Berbagi Pekerjaan

Ibu tidak perlu mengerjakan semua pekerjaan rumah sendirian. Ibu bisa berbagai pekerjaan dengan pasangan sebelum ia berangkat kerja. Misalnya, membantu ibu menyiapkan kebutuhan anak.

Populer video

Berita lainnya