Begini Cara Memilih Sabun yang Sesuai dengan Jenis Kulit

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Sabun Mandi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidak semua sabun cocok untuk semua jenis kulit. Karenanya Anda perlu mengetahui cara memilih sabun sesuai jenis kulit, mulai dari melihat kandungannya hingga reaksi pada kulit setelah digunakan. Pasalnya, kulit sendiri terbagi dalam beberapa jenis. Mulai dari jenis kulit kering, berminyak, sensitif, dan kombinasi.

Oleh karena itu, perlunya mengetahui terlebih dahulu jenis kulit yang Anda miliki, sebelum membeli sabun. Dengan begitu, Anda akan mudah menentukan sabun mana yang cocok sebagai perawatan kulit. Melansir laman halodoc, simak ulasannya.

Sabun untuk kulit berminyak

Orang dengan jenis kulit berminyak, memiliki kelenjar sebaceous yang terlalu aktif yang menghasilkan sebum berlebihan dan menyebabkan masalah seperti jerawat hingga keringat bau. Anda yang rentan dengan kulit berminyak harus sering mencuci muka atau rajin membersihkan kulit untuk menghindari keringat berlama-lama.

Bagi Anda yang memiliki jenis kulit berminyak sebaiknya memilih sabun yang mengandung bahan-bahan seperti lidah buaya, lemon, lavender, kojic acid, asam salisilat atau rosemary. Bahan-bahan tersebut berfungsi mengangkat sel kulit mati, memperbaiki warna kulit, dan menghasilkan kulit yang jauh lebih sehat dan cerah.

Sabun untuk kulit kering

Orang dengan kulit kering memiliki produksi sebum lebih rendah, sehingga cenderung mengalami gatal-gatal hingga kulit terkelupas. Bagi Anda dengan jenis kulit kering sebaiknya memilih sabun yang mengandung bahan-bahan seperti minyak jojoba, lidah buaya, minyak zaitun atau shea butter.

Bahan-bahan tersebut memiliki sifat pelembab yang memperkaya dan menyerap air, sehingga membuat kulit lembap untuk waktu yang lama.

Sabun untuk kulit sensitif

Pemilik kulit sensitif rentan terhadap perubahan musim, sabun deterjen, zat pewangi dan pewarna sintetis, pengawet dan zat tambahan lainnya. Menggunakan sabun dengan tingkat pH yang salah dapat menyebabkan iritasi, peradangan, kulit gatal, hingga jerawat.

Sehingga, orang dengan kulit sensitif harus memiliki sabun dengan bahan-bahan seperti chamomile, lidah buaya, madu, susu dan vitamin E. Bahan-bahan tersebut lembut di kulit dan mengelupas kulit tanpa menyebabkan kerusakan.

Sabun untuk kulit kombinasi

Orang dengan jenis kulit kombinasi sering memiliki minyak berlebih sekaligus kekeringan pada saat yang bersamaan. Bagi Anda yang memiliki jenis kulit ini harus memilih sabun dengan sifat kering dan berminyak.

Sabun untuk kulit normal

Kendati memiliki jenis kulit normal, namun tetap perlu ditangani mengingat produksi sebum cukup seimbang dan teratur. Orang dengan jenis kulit normal harus memilih sabun yang sesuai dengan perubahan suhu untuk menjaga keseimbangan pH kulit yang normal.

Populer video

Berita lainnya