Ini Beberapa Jamu yang Dianjurkan Dikonsumsi Para Wanita

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Jamu
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jamu merupakan salah satu minuman tradisional asli Indonesia. Sejak jaman dulu, jamu dikenal sebagai minuman herbal untuk kesehatan. Meski secara umum rasanya pahit, namun manfaat yang didapatkan dari mengonsumsi jamu sangat banyak untuk tubuh.

Bukan hanya untuk kesehatan, jamu juga dipercaya untuk menambah kecantikan dari dalam, khususnya bagi wanita. Melansir laman halodoc berikut beberapa jamu yang dianjurkan dikonsumsi wanita.

Jamu beras kencur

Jika Anda sering merasa pegal-pegal, cobalah minum jamu beras kencur secara rutin. Sebab, jamu ini dapat membuat tubuh jadi terasa lebih bugar dan tidak gampang lelah. Jamu ini terbuat dari bahan-bahan alami seperti beras tumbuk, jahe, kedawung, kapulaga, asam, kunci, kayu keningar, kunyit, jeruk nipis dan buah pala.

Selain mengatasi pegal-pegal, jamu beras kencur juga memiliki beberapa manfaat kecantikan. Mulai dari mengatasi jerawat, mencerahkan dan mengencangkan kulit, serta membantu melangsingkan tubuh.

Jamu kunyit asam

Minuman ini sangat baik dikonsumsi wanita yang sedang haid, karena dapat mengurangi rasa sakit yang muncul ketika haid. Jamu kunyit asam juga dapat melancarkan siklus haid dan menyuburkan kandungan. Tak hanya itu, mengonsumsi jamu ini secara rutin juga dapat menghilangkan bau badan. Sebab, kandungan minyak atsiri di dalamnya dapat mengontrol produksi keringat dan melawan bakteri penyebab bau badan.

Jamu sinom

Setelah meminum jamu yang pahit, biasanya Anda diberi sinom oleh pedagang jamu keliling. Sinom merupakan daun asam jawa yang masih muda dan biasanya diracik dengan berbagai bahan lainnya. Tidak hanya rasanya yang enak, jamu sinom juga dapat menyegarkan tubuh dan membantu proses detoksifikasi.

Jamu pahitan

Seperti namanya, jamu ini memiliki rasa yang pahit. Meski begitu, minuman ini punya banyak manfaat untuk kecantikan seperti mencegah bau badan, mencegah timbulnya jerawat, melancarkan peredaran darah, dan menghilangkan gatal-gatal pada kulit.

Temulawak

Minuman ini terbuat dari temulawak yang dihaluskan dan ditambahkan dengan asam jawa, gula aren, daun pandan, dan jinten. Khasiat jamu temulawak untuk menyembuhkan keluhan pusing, mual, sakit perut, dan menghilangkan gejala masuk angin.

Jamu kunci sirih

Jamu kunci sirih merupakan perpaduan dari daun sirih dan temu kunci. Daun sirih sendiri memiliki manfaat yang baik untuk wanita, seperti mengatasi masalah keputihan, menghilangkan bau badan tidak sedap, dan mengatasi jerawat. Selain itu, jamu kunci sirih juga dapat merapatkan organ kewanitaan, memperkuat email gigi dan mencegah peradangan.

Populer video

Berita lainnya