Ini Kebiasaan yang Bisa Memicu Masalah pada Ginjal

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Minuman Beralkohol
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap organ memiliki peran dalam tubuh. Salah satunya ginjal, yang memiliki banyak peran penting seperti memproduksi hormon yang membantu mengontrol tekanan darah, menyaring darah, menjaga keseimbangan air, garam, dan mineral, hingga membuang limbah dan air berlebih dalam bentuk urine.

Maka dari itu, perlu bagi kita semua untuk menjaga kesehatan ginjal, mengingat fungsinya yang cukup penting untuk menjaga keberlangsungan hidup. Melansir laman Halodoc, berikut beberapa kebiasaan yang ternyata buruk untuk kesehatan ginjal:

Minum alkohol berlebihan

Jika Abda rutin mengkonsumsi alkohol setiap hari, risiko mengalami penyakit ginjal kritis dua kali lebih besar. Alkohol menyebabkan perubahan fungsi ginjal dan menghambat kemampuannya menyaring darah. Alkohol juga mempengaruhi tekanan ginjal yang akhirnya bisa mengganggu fungsi ginjal itu sendiri.

Konsumsi obat penghilang rasa sakit berlebihan

Obat pereda nyeri seperti non steroidal anti-inflammatory drug (NSAID) dan analgesik jika dikonsumsi secara berlebihan bisa membahayakan ginjal. Meski kegunaannya baik, jika diminum secara terus menerus bisa berpotensi menyebabkan kanker ginjal.

Namun jika Anda ingin minum obat pereda nyeri, pastikan minum sesuai dengan dosis yang ditentukan atau cari alternatif lain obat lain yang lebih aman untuk ginjal dengan konsultasi pada dokter.

Kurang minum air

Kurangnya minum air bisa menghambat proses ginjal membersihkan natrium dan racun di tubuh kita. Dehidrasi mengakibatkan produksi urin bercampur dengan konsentrasi mineral dan limbah yang tinggi. Hal ini bisa menyebabkan pembentukan kristal di ginjal.

Maka dari itu, dengan minum banyak air, kamu tidak hanya membantu mengeluarkan zat-zat berbahaya, tapi juga menghindari munculnya batu ginjal.

Konsumsi garam berlebih

Makan tinggi garam memiliki banyak natrium yang bisa mempengaruhi tekanan darah dan lama kelamaan akan berefek buruk pada fungsi ginjal. Terlalu banyak garam bisa memperparah penurunan jumlah kalsium di urine, yang mana bisa berdampak pada munculnya batu ginjal.

Olahraga yang berlebihan

Olahraga memang penting. Tapi terlalu berlebihan juga kurang baik. Sebab olahraga yang terlalu keras bisa menyebabkan rhabdomyolysis, kondisi saat jaringan otot rusak dan membuang zat ke dalam darah terlalu cepat sehingga ginjal tidak bisa menanganinya. Hal ini bisa menyebabkan gagal ginjal.

Jika sudah lama tidak olahraga, mulai dengan perlahan dan jangan memaksakan diri. Coba dengan bertahap dari 30 menit menjadi 60 menit selama lima hari seminggu.

Populer video

Berita lainnya