Cara Mudah Menghilangkan Kutu Rambut

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Menghilangkan Kutu Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Kutu rambut menyebabkan rasa gatal di area kepala. Kutu rambut merupakan jenis serangga yang hidup di kepala. Serangga ini bertahan hidup dengan mengisap darah manusia. Biasanya, kutu rambut tidak bisa bisa hidup lebih dari 48 jam di luar tubuh manusia.

Apabila tidak segera diatasi, kutu rambut bisa berkembang biak yang ditandai dengan banyaknya telur kutu rambut di kulit kepala. Biasanya, kutu rambut paling sering menyerang anak-anak, meski orang dewasa juga bisa terkena. Nah, melansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa cara untuk menghilangkan kutu rambut.

Gunakan sisir kutu

Dua bentuk kutu rambut yang harus dipastikan sebagai target utama adalah betina dan telur yang baru lahir. Untuk menghilangkan kedua bentuk itu, sisir halus yang sejak zaman dahulu kala disebut sebagai sisir kutu telah terbukti efektif dalam hal perawatan dan pencegahan kutu.

Memakai obat kutu

Kutu bisa dibasmi dengan cara menggunakan obat kutu yang dijual bebas. Namun, jangan berikan ini kepada penderita yang masih berusia 2 tahun ke bawah. Selain itu, orang yang tidur seranjang dengan penderita juga harus diberikan obat kutu tersebut.

Obat-obatan tradisional bisa pula diberikan kepada penderita kutu rambut. Salah satunya adalah infus herbal yang masih banyak digunakan di Eropa.

Menggunakan panas

Mengingat suhu spesifik yang diperlukan untuk telur kutu berkembang, sehingga perubahan suhu yang drastis dapat membunuh mereka, metode baru juga sekarang sedang dikembangkan. Caranya adalah dengan memanaskan kepala sebagai bagian dari perawatan rutin.

Perangkat rambut yang menghasilkan udara panas, seperti hair dryer dan alat pelurus rambut, dapat memberikan hasil maksimal ketika diterapkan dengan benar secara teratur.

Menjaga kebersihan rambut

Agar kutu rambut berkurang, tetaplah jaga kebersihan rambut dengan keramas. Selain itu, hindari memakai barang pribadi secara bergantian, seperti handuk, sisir, dan bantal.

Perhatikan kebersihan benda penular kutu

Anda perlu memperhatikan kondisi kebersihan benda yang mungkin bisa menularkan kutu rambut. Cucilah sarung bantal, seprai, topi, dan benda yang terkena kontak dengan kepala penderita selama dua hari menggunakan air panas. Benda yang sulit dicuci, seperti karpet, dapat dibersihkan dengan mesin vacuum.

Gunakan minyak zaitun

Lapisi rambut dengan minyak zaitun secara merata, kemudian sisir. Anda juga bisa menambahkan minyak zaitun di sisir sesuai dengan kebutuhan. Setelah disisir, cuci rambut dengan sampo dan keringkan.

Lakukan setiap hari selama seminggu. Kemudian, selama 2 minggu setelahnya, lakukan pengecekan dengan menyisir setiap malam untuk memastikan kutu sudah hilang. Pastikan pula Anda mencuci semua handuk dan sisir yang telah digunakan. Rendam dalam larutan pemutih 10 persen atau larutan lisol selama 30 menit.

Populer video

Berita lainnya