Ketahui Penyebab Bau pada Kaki Kuku

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bau Kaki
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Bau kaki setelah seharian tertutup sepatu ditimbulkan dari kuku kaki. Bau kuku kaki biasanya berasal dari kotoran yang menumpuk pada sudut kuku ibu jari (jempol). Apalagi, bagian ini menjadi sudut yang sulit dijangkau saat kaki dibersihkan.

Selain bagian sudut jempol, kuku jari lainnya bisa mengalami bau karena berbagai hal. Melansir laman Hellosehat, berikut ini adalah berbagai penyebab kuku kaki bau yang perlu Anda ketahui.

Infeksi jamur kuku kaki

Infeksi jamur pada kuku kaki atau yang disebut sebagai kaki atlet, merupakan penyebab umum bau kuku kaki. Kondisi ini juga dapat ditandai dengan kuku kuning dan menebal. Jamur ini bisa dengan mudah tumbuh di kulit dan kuku kaki sehingga menghasilkan bau tidak sedap.

Kaki lembab

Kaki yang lembab juga merupakan salah satu faktor yang menyebabkan bau kuku kaki. kaki lembab biasanya terjadi karena cuaca panas atau kaki terus berkeringat (hiperhidrosis), sehingga menciptakan lingkungan yang ideal untuk pertumbuhan bakteri dan jamur. 

Penumpukan kotoran dan sel kulit mati

Penumpuka. Kotoran, debu, dan sel kulit mati yang menumpuk di bawah kuku kaki juga dapat menjadi tempat tumbuhnya bakteri yang menghasilkan bau.

Penggunaan kaos kaki dan sepatu tidak tepat

Sepatu atau kaos kaki yang terlalu ketat atau bahannya yang panas dapat mengakibatkan penumpukan keringat dan kelembapan di kaki. Kaki yang terlalu lembap menciptakan kondisi yang ideal untuk pertumbuhan mikroorganisme penyebab bau.

Populer video

Berita lainnya