Hindari Kesalahan Ini Saat Melakukan Eksfoliasi Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Eksfoliasi Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Eksfoliasi jadi salah satu prosedur untuk mengatasi masalah kulit. Namun tentunya, Anda haru melakukannya dengan tepat agar manfaat eksfoliasi bisa dirasakan dengan baik. Sayangnya, seringkali dilakukan dalam melakukan eksfoliasi. Salah satu kesalahan umum yang kerap dilakukan adalah menggosok kulit wajah terlalu keras. Sebab, ini bukan hanya memicu iritasi kulit, tapi juga dapat merusak tekstur kulit sehingga jadi lebih kasar.

Menggosok terlalu keras dapat berujung rusaknya lapisan pelindung kulit sehingga kulit jadi lebih sensitif. Tak hanya itu saja, kamu juga perlu menghindari beberapa kesalahan berikut ini saat melakukan eksfoliasi wajah. Melansir laman halodoc, berikut ulasannya.

Menggunakan Bahan Kimia Persentase Tinggi

Teknik eksfoliasi terbagi menjadi dua, yaitu physical exfoliation dengan cara scrub dan chemical exfoliation menggunakan bahan kimia AHA dan BHA. Jika Andah pemula, tidak disarankan langsung menggunakan chemical exfoliation dalam persentase tinggi. Ini menyebabkan kulit mengalami eksfoliasi berlebihan sehingga berisiko kering dan dehidrasi.

Menggunakan Butir Scrub Terlalu Kasar

Disarankan menggunakan scrub yang terbuat dari butiran halus agar tidak terasa sakit di wajah. Menggunakan scrub dari butiran yang terlalu kasar berisiko menyebabkan iritasi kulit akibat goresan. Gejalanya ditandai dengan ruam, gatal-gatal, bengkak di area wajah, bintik-bintik merah dan terasa perih saat disentuh.

Eksfoliasi Setiap Hari

Eksfoliasi bertujuan untuk menghilangkan bruntusan dan menghaluskan tekstur kulit wajah. Mesi begitu, bukan berarti prosedur ini boleh dilakukan setiap hari. Jika dilakukan terlalu sering, ini bisa menyebabkan kulit kering, kemerahan dan dehidrasi.

Melakukan dalam Kondisi Kulit Kering

Eksfoliasi yang dilakukan dalam keadaan kulit kering membuat kulit jadi mudah iritasi. Sebelum melakukan scrubbing, disarankan untuk mengaplikasikan minyak zaitun terlebih dulu ke seluruh wajah. Diamkan dulu 5 hingga 10 menit sampai minyak zaitun meresap. Selanjutnya, aplikasikan scrub di seluruh wajah. Gosok perlahan sampai kotoran dan sel kulit mati terangkat dari permukaan kulit.

Melakukan saat Wajah Berjerawat

Tidak disarankan mengeksfoliasi wajah saat berjerawat. Sebab, ini bisa membuat bakteri menyebar ke area wajah lainnya sehingga jerawat jadi semakin parah. Cara ini juga bisa meninggalkan noda kehitaman pada kulit.

Populer video

Berita lainnya