Tips Meremajakan Kulit agar Tampak Awet Muda

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Awet Muda
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Seiring bertambahnya usia, kolagen dan elastin yang memberikan kekenyalan dan kekencangan pada kulit akan berkurang. Kulit pun menjadi semakin tipis dan terasa lebih kering. Hal inilah yang dapat memicu terbentuknya keriput. Selain akibat paparan sinar matahari, keriput juga bisa disebabkan karena kebiasaan merokok kurang minum cairan.

Menjalani gaya hidup tidak sehat dan terpapar sinar matahari atau polusi setiap hari pun bisa memicu penuaan dini. Agar keriput tidak muncul sebelum waktunya dan kulit tampak awet muda, ada beberapa cara meremajakan kulit yang bisa Anda lakukan. Melansir laman alodokter, berikut ulasannya.

Penuhi kebutuhan cairan

Orang yang memiliki kulit kering cenderung lebih rentan mengalami keriput, apalagi jika kebutuhan cairan harian tidak terpenuhi sehingga kulit menjadi lebih kering. Oleh karena itu, penting untuk mencukupi asupan cairan setiap hari. Umumnya, orang dewasa disarankan untuk mengonsumsi air mineral sebanyak 2 liter per hari, atau sebanyak 8 gelas berukuran 230 mililiter.

Konsumsi makanan bergizi seimbang

Penelitian menunjukkan bahwa konsumsi buah dan sayuran segar serta membatasi makanan atau minuman yang mengandung gula bermanfaat untuk mencegah penuaan dini.

Olahraga secara rutin

Penelitian menunjukkan bahwa olahraga rutin sebanyak 3 kali seminggu selama 45 menit bermanfaat untuk memperlambat tanda-tanda penuaan pada kulit, seperti keriput. Ketika berolahraga, kerja sistem kekebalan tubuh dan sirkulasi darah akan meningkat sehingga kulit bisa tampak lebih segar dan lebih muda.

Gunakan tabir surya

Paparan sinar matahari berlebih dapat membuat kulit keriput. Hal ini terjadi karena sinar UV matahari akan memecah serat kolagen dan membuat produksi elastin menjadi tidak normal. Oleh karena itu, penting untuk mengoleskan tabir surya dengan SPF 30 atau lebih setiap kali beraktivitas di luar ruangan pada siang hari.

Berhenti merokok

Merokok dapat merusak kolagen dan elastin pada kulit. Selain itu, kandungan zat nikotin dalam rokok juga dapat menyebabkan penyempitan pembuluh darah. Hal ini membuat kulit tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi yang dibutuhkan untuk peremajaan kulit.

Gunakan serum

Anda bisa menggunakan serum sebagai cara meremajakan kulit, yaitu serum yang diformulasikan khusus untuk mencegah keriput. Jenis serum ini biasanya mengandung retinol, vitamin C, atau hyaluronic acid.=

Populer video

Berita lainnya