4 Hal yang Menyebakan Makanan Cepat Basi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Penyebab Makanan Cepat Basi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap makanan memiliki daya tahan yang berbeda-beda. Ada makanan yang tahan selama berhari-hari hingga berbulan-bulan, ada pula makanan yang bisa basi dalam kurang dari 24 jam.

Pada umumnya, makanan menjadi basi akibat pertumbuhan mikroba pembusuk seperti ragi, jamur, atau bakteri. Mikroba berkembang biak pada makanan dan menghasilkan zat tertentu yang mengubah warna, tekstur, dan baunya.

Dalam kasus tertentu, ada sejumlah faktor yang membuat proses ini berlangsung lebih cepat. Melansir laman hellosehat, berikut ini penjelasan yang menyebabkan makanan jadi cepat basi.

Cara menyimpan yang salah

Makanan sering kali menjadi lebih cepat basi akibat cara penyimpanan yang salah. Hal ini juga termasuk pemilihan dan penggunaan wadah makanan yang tidak sesuai. Jika rumah Anda hangat dan lembap, hindari menyimpan makanan di tempat terbuka. Sekalipun menggunakan penutup saat menyimpan makanan sisa, upaya ini tidak cukup untuk mencegah pertumbuhan jamur atau bakteri pembusuk.

Sebaiknya, simpanlah makanan di dalam wadah yang tertutup rapat. Pisahkan wadah untuk untuk menyimpan masakan yang terbuat dari daging dengan masakan lain yang terbuat dari sayuran.

Suhu kulkas kurang dingin

Jika makanan yang Anda simpan di kulkas lebih cepat basi daripada biasanya, coba gunakan termometer untuk mengukur suhu kulkas Anda. Bila memungkinkan, segera perbaiki masalah pada kulkas sebelum makanan yang lain menjadi busuk. Pada kasus tertentu, makanan menjadi cepat busuk karena bahan-bahannya disimpan dalam freezer yang kurang dingin.

Paparan cahaya yang berlebihan

Sorot cahaya matahari atau lampu juga bisa menjadi penyebab makanan cepat basi. Proses penurunan kualitas makanan atau minuman akibat paparan cahaya yang berlebihan dikenal sebagai fotodegradasi.

Fotodegradasi umumnya terjadi pada makanan yang mengandung zat tertentu yang sensitif terhadap cahaya, misalnya lemak, pigmen, protein, dan vitamin. Proses ini bisa menyebabkan hilangnya vitamin atau perubahan warna dan rasa makanan. Inilah alasan mengapa banyak produk menyertakan keterangan “hindari sinar matahari langsung” pada kemasannya.

Menyimpan makanan saat masih panas

Menyimpan atau membungkus makanan yang masih panas merupakan penyebab makanan cepat basi. Ketika Anda menyimpan makanan yang masih panas, uap dari makanan akan bergerak ke atas dan membentuk embun pada tutup wadah. Embun kemudian menetes pada makanan dan membuat permukaannya menjadi lembap. Sementara jamur dan bakteri pembusuk menyukai lingkungan yang lembap dan hangat.

Populer video

Berita lainnya