Catat! Ini Khasiat Beras Kencur bagi Kesehatan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Beras Kencur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Beras Kencur merupakan salah satu dari sekian banyak jamu yang ada di pasaran, dan cukup dikenal sebagian besar masyarakat Indonesia. Minuman ini terbuat dari campuran berbagai bahan, yakni beras putih, kencur, asam jawa, dan daun pandan.

Usut punya usut, jamu beras kencur menawarkan banyak manfaat kesehatan untuk tubuh. Melansir laman hellosehat, berikut ini beberapa manfaat jamu beras kencur bagi kesehatan yang perlu diketahui.

Mempertahankan gula darah normal

Sebuah penelitian melaporkan bahwa beras kencur dapat menurunkan kadar glukosa darah dan mempertahankannya tetap normal. Bahkan setelah setop minum jamu. Manfaat jamu beras kencur satu ini tentu menjadi angin segar bagi para penderita diabetes yang kesulitan untuk mengendalikan kadar gula darahnya.

Namun, masih dibutuhkan bukti dari penelitian dengan skala yang lebih besar pada manusia untuk memastikan manfaat dan keamanannya dalam jangka panjang.

Meredakan diare

Penelitian yang dimuat dalam International Journal of Pharmacy and Pharmaceutical Sciences menemukan bahwa kencur dapat membantu meredakan gejala diare berkat kandungan zat sitotoksik dan antibakterinya.

Studi tersebut memperlihatkan gejala diare pada hewan yang diberikan ekstrak kencur berangsur membaik, sementara kelompok lain tidak menunjukkan hasil serupa. Kelompok hewan yang tidak mendapatkan ekstrak kencur cenderung bergejala diare terus-menerus.

Hanya saja, bukti dari manfaat beras kencur yang satu ini masih diperoleh dari studi kecil yang dilakukan pada hewan. Belum ada penelitian besar yang dilakukan pada partisipan manusia dalam skala luas yang bisa memastikan manfaatnya.

Meredakan batuk berdahak

Minum segelas jamu beras kencur mungkin dapat membantu mengatasinya. Ramuan tradisional kencur sudah lama dikenal sebagai obat tradisional batuk berdahak, begitu juga jahe. Namun, masih perlu penelitian lebih lanjut untuk mengetahui cara kerja dan dosis dari jamu beras kencur yang aman dan efektif untuk batuk berdahak.

Bantu meningkatkan nafsu makan anak

Bila si kecil sedang susah makan, Anda bisa memberinya segelas jamu beras kencur hangat atau dingin. Lagi-lagi penelitian mengenai manfaat jamu beras kencur yang satu ini masih minim. Alhasil, diperlukan penelitian lain untuk mengonfirmasi apakah jamu beras kencur benar-benar efektif untuk menaikkan nafsu makan.

Bantu penyembuhan luka setelah persalinan

Jamu ini memiliki kandungan senyawa fenolik yang dapat berfungsi sebagai antioksidan. Nantinya, antioksidan ini akan bantu memperbaiki keadaan sel yang rusak. Konsumsi jamu beras kencur juga dapat memberi manfaat dengan mengurangi pegal pada otot-otot tubuh akibat mengejan pada proses persalinan.

Populer video

Berita lainnya