Cara Mengatasi Anak Rambut yang Bikin Risih

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Anak Rambut
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Keberadaan anak rambut sering membuat risih. Bentuknya yang pendek dan teksturnya yang halus membuat anak rambut sulit diatur. Tak heran jika sebagian orang memilih menghilangkannya. Jika dibandingkan dengan rambut di kepala atau ketiak, anak rambut atau vellus memiliki tekstur yang lebih tipis dan halus.

Vellus sendiri tersusun atas kumpulan sel-sel baru pada akar rambut yang menggelembung atau bulbus rambut. Sel-sel ini nantinya akan menyatu dan mengeras. Selanjutnya, kumpulan sel akan tumbuh dari bawah dan menembus kulit kepala. Lama-kelamaan, proses ini membentuk helai anak rambut.

Ternyata, vellus memiliki kaitan yang erat dengan kebotakan pada orang dewasa. Ketika tubuh memiliki kadar dihidrosteron (DHT), rambut akan lebih mudah botak. DHT akan memperkecil ukuran folikel rambut. Setelah rontok dan mengalami kebotakan, helai rambut yang tumbuh pun cenderung terlihat lebih tipis dan pendek sehingga muncullah vellus. Lantas bagaimana cara mengatasi anak rambut yang mengganggu? Simak caranya seperti dilansir dari laman hellosehat.

Mencukur

Anda bisa mencukur helai rambut ini menggunakan pisau cukur. Pastikan kulit Anda bersih, lembap, dan tidak mengalami peradangan, seperti jerawat atau berbagai gangguan kulit lainnya. Jangan lupa oles krim cukur agar mengurangi risiko iritasi.

Waxing

Selain mencukur, Anda juga bisa mencabutnya dengan waxing. Perawatan ini membantu menarik vellus dalam jumlah yang banyak di area tubuh yang lebih luas. Agar maksimal, pastikan anak rambut sudah cukup panjang sehingga lebih mudah tercabut.

Dermaplaning

Bila ingin menghilangkan rambut-rambut tipis di bagian dekat pipi dan rahang, Anda bisa memilih prosedur dermaplaning. Cara ini menggunakan pisau tajam khusus untuk mengikis rambut halus dan kulit mati. Namun, sebaiknya Anda mendapatkan perawatan dermaplaning hanya dengan dokter kulit atau ahli kecantikan resmi.

Laser

Pilihan lain yang bisa Anda coba yaitu perawatan laser untuk menghilangkan helai-helai rambut tipis. Biasanya, Anda perlu 6 kali perawatan agar folikel rambut hancur. Hal ini membuat rambut akan lebih tipis dan berkurang. Bila rutin, perawatan ini bahkan menghentikan pertumbuhan helai rambut secara permanen, kecuali pada bagian wajah perempuan.

Populer video

Berita lainnya