Mengenal Fenomena Zeigarnik Effect dan Efek Positif yang Bisa Didapat

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Zeigarnik Effect
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Pernahkah Anda mendadak kepikiran akan suatu pekerjaan yang belum dikerjakan? Dalam dunia psikologi, fenomena ini disebut dengan zeigarnik effect. Ya, zeigarnik effect adalah kecenderungan mengingat suatu hal yang belum selesai dibandingkan dengan hal yang sudah selesai dikerjakan.

Melansir laman alodokter, kecenderungan mengingat tugas atau pekerjaan yang belum selesai disebabkan karena ketegangan otak. Hal ini yang membuat otak terus mengingat dan mendorong Anda untuk segera menyelesaikannya. Adapun faktor pemicu munculnya zeigarnik effect adalah motivasi, dampak dari tugas atau pekerjaan, dan adanya harapan akan suatu hal, misalnya hadiah atau penghargaan.

Fenomena zeigarnik effect bukan termasuk dalam gangguan mental. Tetapi jika terus-menerus mengingat pekerjaan yang belum selesai bisa saja merusak mood dan mengganggu fokus. Bahkan, fenomena ini juga bisa membuat diri merasa tertekan, cemas, stres, hingga menimbulkan gangguan tidur. Nah, jika ditanggapi dengan baik, zeigarnik effect bisa memberikan manfaat yang baik seperti;

  • Meningkatkan produktivitas dan kreativitas kerja
  • Menghilangkan kebiasaan menunda pekerjaan
  • Momotivasi diri untuk menyelesaikan to do list
  • Memberikan kepuasan dan meningkatkan rasa percaya diri saat tugas atau pekerjaan dapat terselesaikan dengan baik
  • Menjaga kesehatan mental

Agar bisa mendapatkan dampak positif dari zeigarnik effect, Anda perlu memanfaatkannya dengan cara yang tepat. Ketika Anda tergoda leyeh-leyeh di kasur atau bermain ponsel di pagi hari ketika sedang WFH, paksakan diri untuk mulai kerja. Ketika Anda berani memulai, meski hanya 10–20 menit, ini akan memunculkan ketegangan otak.

Setelahnya, Anda akan terus kepikiran dengan pekerjaan yang dimulai tadi. Jadi, otak akan terus mendorong Anda agar menyelesaikan pekerjaan tersebut. Dengan begitu, Anda akan termotivasi untuk menyelesaikan target harian yang telah dibuat.

Populer video

Berita lainnya