Bra Mudah Rusak dan Tidak Tahan Lama? Ini Kesalahan yang Mungkin Anda Lakukan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Mencuci Bra
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Meski termasuk pakaian yang tidak terlihat dari luar, butuh perhatian khusus dalam merawat bra. Sebab jika cara mencuci dan menyimpan bra secara asal-asalan, bukan tidak mungkin kalian para wanita juga akan merasakan akibatnya.

Misalnya, rasa tidak nyaman saat dipakai, atau bahkan membuat bra cepat rusak. Nah, dilansir dari laman helloSEHAT, hindari kesalahan ini agar pakaian dalam anda lebih tahan lama dan tidak mudah rusak.

Terlalu sering dicuci

Terlalu sering dicuci bisa merusak elastisitas dan bentuk bra itu sendiri. Namun bukan berarti anda membiarkan bra dalam keadaan kotor, bau, serta dipenuhi keringat dalam waktu yang lama. Idealnya, anda dianjurkan mencuci bra setelah 1-3 kali digunakan.

Tentukan langkah bijak dalam menentukan kapan waktu yang tepat untuk mencuci bra. Pertimbangkan seberapa padat aktivitas yang dijalani, banyak atau sedikitnya keringat yang dikeluarkan tubuh, sudah berapa kali bra digunakan, serta apakah bra masih layak pakai. Jika 1-2 pemakaian bra ternyata sudah kotor dan bau, segera cuci dan jangan digunakan kembali memakainya.

Jarang mencuci bra

Terlalu sering mencuci bra memang tidak disarankan. Begitu juga sebaliknya. Jangan sampai anda jarang mencuci pakaian dalam tersebut. Mungkin bra anda masih terlihat bersih dan layak pakai beberapa kali lagi.

Tapi tahukah anda, sudah berapa banyak keringat, debu, kotoran, minyak, serta sel-sel kulit
mati yang menempel dan bersarang di bra? Jadi, pastikan Anda mencuci bra di waktu yang tepat, tidak terlalu cepat atau lama serta disesuaikan dengan aktivitas.

Mencuci menggunakan mesin

Anda harus ekstra hati-hati dalam mencuci koleksi bra agar lebih tahan lama. Jika tidak, bra bisa gampang rusak sehingga tidak nyaman lagi untuk dipakai. Salah satu yang mudah membuat bra rusak adalah mencucinya dengan mesin. Padahal, merendam dan mengucek bra pakai tangan dapat lebih menjaga strukturnya daripada langsung memasukkannya ke dalam mesin cuci.

Boleh saja anda memanfaatkan kerja mesin untuk mencuci bra. Dengan catatan,, jangan memasukkannya langsung atau mencampurnya bersama pakaian lainnya. Pakailah keranjang cuci khusus bra.

Terlalu keras dalam mengucek bra

Kendati bermaksud untuk memastikan agar bra bersih secara sempurna, namun hati-hati saat mencucinya. Terutama jangan terlalu bersemangat saat mengucek bra anda. Pasalnya, bra terbuat dari bahan yang lembut. Jika anda terlalu bersemangat, justru akan membuat bra mudah rusak.

Solusinya, cukup rendam bra dalam air dan sabun selama kurang lebih 15-20 menit atau tergantung seberapa kotor kondisinya. Setelah itu, kucek atau sikat secara perlahan sampai semua bagian bra dirasa telah bersih.

Menggunakan pengering mesin cuci

Meski terbilang mudah dan cepat, tapi pengaruh panas yang dihasilkan dari pengering mesin cuci justru dapat merusak elastisitas bra. Terlebih lagi, kawat yang terdapat pada jenis bra biasanya rentan rusak dan berubah bentuk ketika dikeringkan dalam mesin pengering.

Alangkah lebih baik anda mengandalkan pengering alami dari udara dan matahari. Memang butuh waktu lebih lama, tapi menjemur dan mengeringkan bra dengan cara manual seperti ini menjamin kualitas bra tetap tahan lama.

Populer video

Berita lainnya