Mengenal Istilah Maskne dan Cara Mencegahnya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Maskne
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Masker menjadi salah satu barang wajib yang dipakai saat beraktivitas sejak pandemi COVID-19 melanda. Hanya saja, seringnya menggunakan masker dapat menimbulkan masalah akne yang disebut dengan istilah maskne. Yakni, jerawat yang terbentuk di area yang tertutup masker, yaitu pada hidung, dagu, atau area pipi bawah.

Saat berbicara dan menghela napas, timbul hawa panas yang kemudian terjebak di dalam masker. Hal ini yang menyebabkan kulit wajah menjadi lebih berkeringat dan lembab. Kondisi tersebut merupakan tempat yang baik bagi bakteri, jamur, dan flora lain misalnya Demodex (salah satu jenis tungau kulit) untuk berkembang biak. Lantas bagaimana cara mencegah munculnya maskne. Melansir laman hellosehat, berikut ulasannya.

Gunakan masker dengan bijak

Pilihlah masker sesuai dengan situasi dan kondisi. Apabila menggunakan masker bedah, hendaknya tidak digunakan seharian penuh atau berulang kali. Masker dapat diganti setiap 4 jam, sehingga jika beraktivitas hendaknya membawa beberapa masker cadangan.

Begitu juga dengan penggunaan masker kain. Bahan masker kain yang nyaman adalah yang terbuat dari katun karena dapat memberikan sirkulasi udara yang lebih baik. Adapun mencuci masker kain harus dengan cara, yaitu dengan air panas untuk membunuh bakteri yang menempel di permukaan kulit dan menggunakan deterjen yang bebas pewangi.

Gunakan basic skincare

Jangan menggunakan terlalu banyak bahan skincare, karena penggunaan masker dapat meningkatkan penghantaran produk skincare (terutama yang mengandung asam dan retinol) ke kulit sehingga risiko iritasi lebih besar. Gunakanlah skincare dasar yang penting untuk kulit, yaitu cleanser dan moisturizer.

Hindari penggunaan make up yang terlalu tebal

Apabila sedang berjerawat sebaiknya justru hindari dahulu penggunaan make up. Make up yang tebal dapat menyumbat pori-pori kulit dan memicu timbulnya jerawat.

Populer video

Berita lainnya