6 Cara Mengatasi Kamar Tidur yang Lembap dan Berjamur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kamar Berjamur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setiap orang pasti ingin memiliki kamar yang bersih dan nyaman. Namun apa yang bisa dilakukan jika kamar terlampau lembap sehingga muncul jamur dimana-mana. Kondisi ini tentunya tak hanya mengganggu kenyamanan, tapi juga bisa berdampak buruk pada kesehatan.

Terdapat beberapa jenis jamur, terutama yang biasa ditemukan di ruangan lembap, menghasilkan alergen (zat penyebab alergi), iritan, bahkan zat beracun dalam beberapa kasus. Menurut situs U.S. Environmental Protection Agency, menghirup atau menyentuh jamur dapat menimbulkan reaksi alergi pada sebagian orang. Beberapa gejala yang bisa timbul adalah pilek, hidung meler, mata merah, hingga ruam kulit (dermatitis).

Bisa dibayangkan, bagaimana jadinya jika banyak jamur yang muncul di kamar anda. Itulah mengapa penting untuk menjaga kebersihan kamar. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa cara untuk mengatasi kamar yang lembap dan berjamur.

Temukan sumber kelembapan di kamar

Untuk mengurangi kelembapan di kamar, cara yang paling utama adalah dengan menemukan sumbernya terlebih dahulu. Kondisi lembap bisa disebabkan dari AC, selang, atau mungkin atap kamar yang bocor. Tanpa disadari, kebocoran air di dalam ruangan menjadi tempat jamur berkembang biak.

Apabila anda menemukan jamur yang telanjur bersarang di sumber kelembapan, seperti di dinding, jendela, atau lantai, anda harus segera membersihkannya agar tidak menyebar ke bagian kamar lainnya. Jangan lupa, kenakan masker dan sarung tangan saat membersihkannya, untuk melindungi diri dari infeksi jamur.

Pasang jendela atau ventilasi di kamar

Pastikan kamar memiliki sirkulasi udara yang baik supaya anda tidak menghirup udara yang sama terus-menerus. Agar ada pertukaran udara yang baik di kamar, bukalah jendela kamar setidaknya 5 kali seminggu selama 15 menit. Jika tidak memungkinkan untuk membuat jendela, anda bisa memasang ventilasi di atas pintu kamar.

Gunakan exhaust fan

Berbeda dengan kipas angin biasa, exhaust fan adalah kipas di langit-langit kamar yang berfungsi menyedot dan membuang udara dari dalam kamar. Cara ini bisa Anda coba untuk mengatasi kamar lembap, terlebih jika tidak ada jendela atau ventilasi di kamar. Dengan adanya exhaust fan, manfaat yang didapat yakni sirkulasi udara akan menjadi lebih baik dan kamar terasa jauh lebih sejuk.

Hindari menyimpan barang terlalu banyak di kamar

Tumpukan barang di dalam kamar mengakibatkan sirkulasi udara menjadi terganggu. Hal yang sama juga berlaku pada isi lemari pakaian yang terlalu penuh. Oleh karena itu, memilah-milih benda mana saja yang perlu disimpan bisa menjadi cara efektif mengatasi kondisi lembap di kamar.

Pasang AC atau dehumidifier

Dehumidifier berfungsi untuk menjaga agar kelembapan udara selalu di batas normal. Jika sudah memasang AC, pastikan anda membersihkannya secara rutin agar bagian dalamnya tidak kotor. AC yang kotor justru akan memperparah kondisi kamar yang lembap.

Cat ulang dinding kamar

Setelah jamur dibersihkan, Anda bisa melapisi dinding kamar dengan cat antijamur. Cat jenis ini banyak tersedia di toko-toko bangunan.

Populer video

Berita lainnya