Coba Tips Ini agar Rumah Bersih dari Kecoa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Rumah Bersih dari Kecoa
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Mungkin anda termasuk pribadi yang takut dengan kecowa. Tentu anda tidak mengharapkan kehadiran hewan berukuran kecil, berwarna cokelat dan bergerak dengan lincah ini di rumah ada. Apalagi kecoba menisa menimbulkan bahaya bagi kesehatan. Lantas bagaiaman cara agar kecoa segera minggat dari rumah anda?

Menurut laman American Lung Association, kecoa dapat menghasilkan zat alergen alias pemicu alergi. Alergen tersebut tidak bertahan lama di udara, tetapi dapat menempel di debu-debu rumah atau perlengkapan berbahan kain, seperti bantal, kasur, dan sofa.

Ketika seseorang yang memiliki alergi terpapar oleh zat tersebut, ia mungkin akan mengalami gejala-gejala seperti batuk, hidung tersumbat, ruam kulit, napas berbunyi, infeksi telinga, hingga infeksi sinus. Selain itu, seseorang yang mengidap asma bisa mengalami kekambuhan saat terpapar alergen yang dihasilkan kecoa.

Itulah alsaan pentingnya menjaga kebersihan rumah serta menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat. Dilansir dari laman helloSEHAT, berikut ini beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mengusir kecoa dari rumah.

Cari tahu area yang sering dilalui kecoa

Lakukan hal ini dengan menggunakan senter, sampai anda menemukan sekiranya dari mana kecoa berasal dan di mana ia bersembunyi. Anda bisa memeriksa daerah belakang kulkas, celah atau belakang lemari, sudut pintu, bawah wastafel dapur, serta kamar mandi. Dengan begitu, anda bisa menentukan harus menerapkan cara membasmi kecoa di mana saja.

Bersihkan sisa makanan

Jika selama ini anda terbiasa menumpuk sampah makanan di dapur selama beberapa hari baru kemudian membuangnya, sekarang hentikan kebiasaan tersebut. Selayaknya manusia, hewan juga membutuhkan makanan agar bisa bertahan hidup. Itu sebabnya, kecoa akan mencari sisa-sisa makanan, khususnya yang tidak dibuang dengan benar.

Pertama, mulailah cara mengusir kecoa dengan menyimpan makanan bersih terlebih dahulu di tempat yang tertutup. Anda bisa simpan makanan kering di dalam lemari serta makanan yang baru dimasak di kulkas atau di atas meja makan yang ditutupi tudung saji. Selanjutnya, bersihkan makanan yang tumpah atau bersisa dan masukkan ke dalam tempat sampah di dapur, kemudian buang ke luar rumah secara teratur.

Buang sisa kardus dan rutin membersihkan rumah

Selain menyukai sampah dan area yang kotor, kecoa juga senang bersembunyi di dalam kardus bekas, bahkan menghasilkan telur kecoa di dalamnya. Jadi, pastikan Anda membersihkan dan membuang sisa kardus yang menumpuk di rumah sebagai cara mengusir kecoa.

Usahakan juga untuk rutin membersihkan rumah, termasuk menyapu, mengelap, dan mengepel seisi rumah, khususnya di sela-sela atau sudut rumah yang kerap tidak terjangkau. Sebab di tempat seperti itulah biasanya kecoa-kecoa senang bersembunyi.

Gunakan racun kecoa

Gunakan cara ini untuk mengusir atau menghilangkan kecoa sekaligus membawanya kembali ke tempat asal. Sebaiknya letakkan umpan di area yang jauh dari jangkauan anak-anak, tapi strategis di area yang sering dilalui kecoa. Cara membasmi kecoa yang satu ini perlahan-lahan akan membunuhnya agar tidak lagi berkeliaran di sekitar rumah.

Bersihkan genangan air di rumah

Tempat yang lembap dan kotor adalah lingkungan ideal bagi kecoa untuk bersarang. Oleh karena itu, pastikan Anda sudah membersihkan genangan air yang ada di rumah, misalnya dari pipa atau atap yang bocor. Cara ini diyakini ampuh mengusir kecoa agar tidak betah berlama-lama di rumah Anda.

Gunakan produk insektisida

Anda juga bisa menggunakan produk insektisida alias pembunuh serangga. Ada banyak jenis insektisida yang tersedia di pasaran, mulai dari yang berbentuk semprotan hingga perangkap kecoa. Pilih dengan bahan pyrethroid atau imiprothrin agar kecoa dapat terbasmi seketika. Namun, pemakaian insektisida harus dilakukan dengan hati-hati, terutama jika ada anak-anak di rumah.

Pancing kecoa dengan soda kue

Bahan kue yang satu ini ternyata beracun jika kecoa menyantapnya. Anda bisa memancing kecoa dengan makanan yang dicampurkan dengan soda kue. Letakkan makanan bercampur soda kue tersebut di tempat-tempat yang sering dilewati kecoa.

Campurkan boraks dan makanan manis

Jika anda membutuhkan racun yang lebih kuat dari soda kue, alternatif lainnya adalah boraks. Cara menggunakannya pun mirip dengan memakai soda kue, yaitu dicampurkan dengan makanan manis untuk memancing kecoa di rumah.

Semprotkan minyak esensial (essential oil)

Sebuah studi dari Journal of Arthropod-Borne Diseases menyebutkan bahwa pemakaian minyak esensial diyakini dapat mengusir kecoa jenis Supella longipalpa. Jenis minyak esensial yang paling efektif dalam penelitian tersebut adalah oregano dan rosemary. Namun, Anda bisa mencoba pilihan lain seperti minyak daun eukaliptus dan mint.

Hubungi jasa pengusir hama

Apabila jumlah kecoa yang berkeliaran di dalam rumah sudah tidak mempan dibasmi dengan cara mengusir kecoa di atas, Anda mungkin perlu meminta bantuan dari jasa pengusir hama. Ini bisa menjadi solusi terakhir setelah anda berusaha mencoba berbagai cara untuk membasmi kecoa.

Populer video

Berita lainnya