Awas! Kebiasaan Ini Bisa Jadi Penyebab Gusi Berdarah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Gusi Berdarah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gusi berdarah bukan hanya gejala paling umum yang dialami banyak orang, tetapi juga bisa menunjukkan masalah kesehatan lainnya. Penyebab gusi berdarah juga bisa disebabkan karena hal sepele. Dan ini tidak boleh dibiarkan begitu saja. Pasalnya, ia bisa mengindikasikan kondisi yang lebih serius. Lantas, apa saja hal yang bisa menjadi penyebab gusi berdarah? Melansir laman halodoc, berikut penjelasannya.

Kebersihan gigi dan mulut yang kurang baik

Malas menyikat gigi atau melakukannya dengan tidak benar, bisa menyebabkan radang gusi atau gingivitis. Perdarahan pada gusi inilah yang menjadi gejala awal gingivitis. Kondisi ini perlu segera ditangani agar tidak berkembang menjadi periodontitis.

Penyakit periodontal adalah infeksi pada jaringan yang akan menahan gigi pada tempatnya. Kondisi ini biasanya disebabkan oleh kebiasaan menyikat gigi dan flossing yang buruk yang memungkinkan timbulnya plak, yakni lapisan bakteri yang lengket, menumpuk di gigi dan mengeras.

Karang gigi

Plak yang menumpuk bisa berubah dan mengeras menjadi karang gigi. Plak dan karang gigi ini yang menyebabkan bakteri di sekitar gigi berkembang. Selain itu, jika tidak ditangani maka ia bisa menyerang gusi dan menyebabkan pembengkakan. Kondisi ini tidak dapat hilang dengan hanya menyikat gigi. Anda perlu datang ke dokter secara rutin untuk melakukan perawatan dan pembersihan karang gigi.

Merokok

Kebiasaan merokok nyatanya menjadi salah satu penyebab gusi tidak berfungsi secara normal, serta meningkatkan risiko gingivitis. Jika tidak diobati, maka ia akan menyebabkan periodontitis. Ini karena kebiasaan merokok mampu melemahkan sistem kekebalan tubuh. Alhasil, ini akan membuat tubuh lebih sulit untuk melawan infeksi gusi.

Menyikat gigi terlalu keras

Mungkin Anda mengira menyikat gigi secara kasar bisa mengangkat plak yang ada. Padahal ini justru bisa menyebabkan gusi berdarah. Sebaiknya gunakan sikat gigi dengan bulu sikat yang lembut untuk membersihkan gigi sekaligus merawat gusi.

Kurang vitamin c

Kekurangan vitamin C dalam jumlah besar bisa berpengaruh pada gusi dan menyebabkan perdarahan. Oleh karena itu, Anda bisa mengonsumsi makanan dan minuman yang kaya akan vitamin C, dan pertimbangkan untuk mengonsumsi suplemen vitamin untuk mengatasinya.

Populer video

Berita lainnya