Kenali Tanda-tanda Tubuh Sedang tidak Fit untuk Mengemudi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Ngantuk saat Mengemudi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada hal penting yang harus diperhatikan saat berkendara. Selain kondisi kendaraan yang baik, si pengendara pun harus dalam keadaan yang prima. Apalagi, sebagai pengemudi, Anda mengemban tanggunjawab atas keselamatan para penumpang.

Pengemudi juga harus tahu kapan waktu yang tepat untuk berhenti saat berkendara. Sebab, bahaya mengemudi terlalu lama bisa saja menimbulkan kecelakaan berkendara. Apabila Anda telah berkendara selama empat jam nonstop, setidaknya Anda mesti beristirahat selama setengah atau satu jam untuk mengembalikan tenaga dan vitalitas. Lalu, apa sih tanda-tanda lain yang mengharuskan Anda berhenti mengemudi? Melansir laman sehatQ, simak ulasannya.

Merasakan efek samping dan obat atau makanan tertentu

Beberapa obat-obatan bisa memengaruhi kemampuan Anda saat berkendara. Terutama obat yang menyebabkan rasa kantuk, seperti obat flu. Selain itu, mengonsumsi cocktail atau minuman yang mengandung alkohol juga amat berbahaya bagi para pengemudi. Sebab alkohol justru akan mempercepat efek yang ditimbulkan dari obat-obatan. Oleh karena itu, hindari mengonsumsi alkohol selama efek obat masih bekerja.

Pandangan terganggu

Mengemudi terlalu lama juga bisa menyebabkan penglihatan Anda terganggu, karena mata yang lelah sehingga konsentrasi menurun. Selain itu, ada juga beberapa penyakit yang bisa membuat penglihatan Anda jadi bermasalah, misalnya glaukoma. Bahkan sebuah penelitian di Jepang menunjukan pengidap glaukoma terlibat dalam kecelakaan mobil dengan jumlah dua kali lebih banyak dibandingkan dengan orang dengan penglihatan normal.

Kantuk yang teramat sangat

Kondisi ini yang paling sering menjadi penyebab kecelakaan lalu lintas. Maka dari itu, saat Anda merasa ngantuk saat berkendara, segeralah berhenti mengemudi untuk beristirahat sejenak. Berikut tanda-tanda mengantuk yang mesti kamu perhatikan:

  • Membayangkan hal lain atau seperti bermimpi di siang hari.
  • Mengemudikan mobil dengan tidak teratur.
  • Sering mengedipkan mata dalam jangka waktu lama.
  • Kepala terasa berat.
  • Susah menahan mata untuk terus melek dan tetap fokus.

Populer video

Berita lainnya