Tips Mengatasi Rasa Cemas di Kantor

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Cemas
Foto; Istimewa

Celebrithink.com – Rasa cemas dapat ditemui dalam situasi apa saja, tak terkecuali ketika Anda bekerja di kantor. Penyebabnya pun beragam. Mulai dari jam kerja yang panjang, stres tinggi, atau kurangnya dukungan dari manajer dan rekan kerja, dapat menyebabkan seseorang mengembangkan kecemasan saat bekerja.

Kecemasan bisa ditandai dengan perasaan gelisah dan khawatir. Sementara itu, dari kondisi fisik, gejala cemas ditandai dengan pusing, mulut kering, sakit kepala, dan lainnya. Sebaiknya, cemas saat bekerja harus ditangani dengan baik. Sebab, jika dibiarkan begitu saja, rasa cemas bisa memengaruhi performa kerja. Melansir laman klikdokter, berikut cara yang mengatasi kecemasan di tempat kerja.

Bicarakan ke atasan

Sebagian orang mungkin merasa takut bila dianggap lemah atau tidak bisa menyelesaikan pekerjaannya dengan maksimal, sehingga enggan menceritakan rasa cemasnya ke atasan. Namun, berbicara kepada atasan mungkin dapat membantu Anda. Atasan dapat memberikan saran atau menawarkan bantuan agar Anda bisa melakukan pekerjaan dengan lebih efektif.

Cerita ke rekan kerja

Apabila punya rekan kerja yang bisa dipercaya, tidak ada salahnya Anda menceritakan apa yang dirasakan di tempat kerja. Dukungan dari rekan kerja juga bisa membuat Anda merasakan adanya dukungan sosial sehingga stres bisa sedikit mereda.

Sadar kapasitas diri

Beban kerja yang harus diselesaikan dapat membuat Anda cemas. Untuk mengatasi kondisi ini, cobalah memahami kemampuan Anda untuk menyelesaikan pekerjaan. Dengan mengenal kapasitas diri bisa membantu mengatasi rasa cemas saat di kantor. Anda juga dapat Ini menemukan strategi guna menentukan kapan Anda harus bekerja dan beristirahat.

Lakukan hal-hal yang mengurangi rasa cemas

Cemas saat di kantor dapat dikurangi dengan beberapa cara seperti quick coping strategies dan grounding. Adapun Quick coping strategies merupakan cara mengatasi kecemasan dengan melakukan latihan pernapasan, mengobrol dengan rekan kerja, atau nonton video lucu yang dilakukan dalam beberapa menit.

Sementara grounding merupakan cara untuk mengalihkan perhatian terhadap suatu hal lain secara positif. Grounding dilakukan dengan melibatkan indra agar Anda bisa terhubung dengan hal-hal di sekitar.

Biasakan hidup sehat

Kecemasan bisa mengganggu waktu istirahat Anda. Meski demikian, Anda harus tetap tidur atau istirahat cukup. Kecemasan yang mengganggu jam istirahat dapat menyebabkan kondisi kesehatan menurun. Selain itu, konsumsi makanan kaya nutrisi dan rutin berolahraga akan membantu meredakan stres.

Populer video

Berita lainnya