Lakukan Perawatan Wajah Ini saat Memasuki Masa Menopause

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kecantikan Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memasuki masa menopause, ada beberapa gejala yang akan dihadapi seperti hot flashes, keringat malam, penambahan berat badan, insomnia, sensitif, dan perubahan pada kulit wajah.

Perubahan kulit wajah sendiri terjadi karena lapisan kulit paling tebal mulai sensitif terhadap perubahan hormon. Memasuki masa menopause biasanya kulit menjadi lebih kering dan sensitif karena penurunan kadar estrogen, dan ini terjadi dalam lima tahun pertama menopause.

Wanita menopause dapat kehilangan 30 persen kolagen, sehingga kulit terlihat lebih tipis dan mulai menunjukkan garis serta kerutan yang lebih jelas. Maka dari itu, penting melakukan perawatan wajah saat memasuki masa menopause, apa saja? Melansir laman Halodoc, berikut ini penjelasannya:

Lakukan Hidrasi pada Kulit Wajah

Kulit kering merupakan gejala yang dikeluhkan wanita yang memasuki usia menopause. Inilah saatnya mulai beralih pada produk skin care yang lebih melembapkan. Gunakan pembersih wajah yang berbentuk krim.

Hindari produk skincare yang berbentuk busa, gel, atau bahan aktif seperti asam alfa hidroksi, yang dapat mengeringkan kulit wajah. Ganti pelembap harian dengan krim malam untuk diaplikasikan sebelum tidur.

Saat menentukan krim malam, pilihlah produk yang mengandung ceramide, karena kandungan ini bermanfaat untuk melembapkan kulit wajah dan mengencangkan.

Atasi Keriput dengan Kandungan Retinol

Retinoid atau retinol adalah kandungan dalam skincare yang dibutuhkan saat memasuki masa menopause. Namun perlu diperhatikan karena retinoid dapat membuat kulit semakin kering.

Untuk itu, cukup gunakan sedikit (sebesar kacang polong) sebanyak satu atau dua kali seminggu. Selain itu tambahkan pelembap baik di malam hari, pagi, dan siang hari untuk mencegah kekeringan.

Wajib Memakai Sunscreen

Sunscreen penting untuk digunakan oleh setiap usia, terlebih lagi saat masa menopause. Pilihlah sunscreen dengan SPF minimal 30 ke area kulit wajah dan kulit terbuka lain sebelum bepergian. Sebab, jumlah estrogen yang berfungsi melindungi kulit dari kerusakan yang disebabkan paparan sinar UV sudah menurun di masa menopause.

Pilih Produk Perawatan Kulit yang Mengandung Antioksidan

Kandungan antioksidan perlu dipertimbangkan, karena dapat mengatasi bintik-bintik coklat yang bermunculan. Vitamin C adalah antioksidan yang teruji dan direkomendasikan oleh banyak dokter kulit.

Populer video

Berita lainnya