Ini Alasan Memiliki Sahabat Baik untuk Kesehatan Mental

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Persahabatan
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Persahabatan adalah hubungan berharga. Bersama sahabat Anda bisa menceritakan masalah pribadi yang mungkin tidak bisa didiskusikan bersama keluarga. Maka dari itu, penting untuk mempertahankan persahabatan dan jangan berhenti untuk mencari teman baru.

Bukan hanya tempat curhat, persahabatan yang sehat juga dapat bermanfaat bagi kesehatan mental, lho. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa alasan mengapa memiliki sahabat baik untuk kesehatan mental.

Jarang Kesepian dan Isolasi Sosial

Kesepian dan isolasi sosial dapat memengaruhi kesejahteraan mental dan fisik. Bahkan jika harus terisolasi secara sosial karena suatu hal, sahabat dapat membantu mencegah kesepian. Namun perlu diingat, hal ini membutuhkan kualitas persahabatan itu sendiri. Pasalnya, persahabatan yang dangkal sering tidak memberikan banyak dukungan emosional.

Mengurangi Stres

Menjalin pempertan yang sehat dan kuat dapat membantu mengatasi stres lebih efektif. Ya, setiap orang tentu pernah mengalami stres. Jika stres dibiarkan berlarut-larut, kondisi ini bukan hanya memengaruhi kesehatan mental, tapi juga fisik.

Dukungan Emosional

Persahabatan dapat memberikan dukungan emosional. Seorang sahabat mampu mendukung dengan cara:

  • Mendengarkan keluh kesah dan masalah kamu.
  • Memvalidasi perasaanmu.
  • Melakukan hal-hal baik untukmu.
  • Membantu mengalihkan perhatian kamu ketika sedih atau kesal.

Rasa Memiliki

Memiliki persahabatan yang erat membantu menumbuhkan rasa memiliki. Peduli terhadap orang lain membuat hidup lebih bermakna. Ketika Anda peduli pada orang lain, Anda menawarkan kasih sayang dan dukungan emosional. Ini bisa membuat Anda menjadi orang yang lebih kuat dan lebih baik.

Dukungan Melalui Tantangan

Hidup penuh dengan lika-liku. Terkadang seseorang menghadapi peristiwa traumatis atau sulit yang memengaruhi kesehatan mental. Hal ini bisa berdampak bagi kesehatan mental jangka panjang. Nah, jika Anda memiliki persahabatan yang kuat, Anda mungkin akan merasa lebih mudah untuk menangani apa pun yang terjadi dalam hidup karena tidak merasa sendirian. Anda pun tahu bahwa ada orang yang akan selalu mendukung.

Populer video

Berita lainnya