Hati-Hati! Ini Akibatnya jika Salah Memilih Sabun

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Memilih Sabun
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Ada banyak produk sabun yang beredar di pasaran, yang menawarkan beragam keunggulannya. Namun, Anda mesti cermat dalam memilih produk sabun. Sebab, setiap orang memiliki permasalah kulit yang berbeda-beda. Jika salah memilih, kulit pun menjadi taruhannya. Melansir laman klikdokter, berikut ini efek samping akibat salah memilih sabun.

Kulit kering

Sabun dengan busa yang banyak atau mengandung antiseptik bukan pilihan terbaik untuk kulit kering. Jenis sabun seperti ini dapat membuat kulit menjadi lebih kering dan kesat. Rasa kesat yang ditimbulkan bukan karena bersih, tapi karena minyak alami kulit tergerus oleh bahan kimia yang terkandung di sabun.

Kulit yang kehilangan pelembap alami akan menjadi sangat kering. Lambat laun kulit menjadi mudah gatal dan bukan tidak mungkin lebih mudah keriput.

Berjerawat

Bagi pemilik kulit berminyak, disarankan untuk tidak menggunakan sabun yang terlalu lembut. Sabun jenis ini tidak mampu membersihkan kulit yang terlampau berminyak. Akibatnya, kotoran atau minyak menjadi menumpuk dan membuat kulit meradang. Memilih sabun yang keras dengan busa berlebih (sabun yang membuat kesat) juga bukan jawaban yang tepat. Karena bila kulit terlampau kering, kelenjar akan berkompensasi dengan menghasilkan minyak lebih banyak lagi.

Mudah gatal atau merah

Sabun yang membuat kulit terasa kesat pasti akan menyebabkan kulit menjadi kering. Rasa kesat terjadi karena hilangnya pelembap alami kulit.Pelembap alami kulit merupakan bagian dari pertahanan kulit. Minyak ini menjaga agar cairan tidak mudah hilang dari kulit dan zat luar tidak mudah masuk ke kulit.

Populer video

Berita lainnya