Wujudkan Kamar Mandi Sehat, Perhatikan Beberapa Hal Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kamar Mandi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tentunya anda tak ingin tertipu oleh penampilan kamar mandi yang bersih, namun menyimpan banyak kuman yang menimbulkan berbagai macam penyakit. Ya, bersih saja tidak cukup untuk menjadikan kamar mandi anda sehat.

Lantas bagaimana cara menciptakan kamar mandi yang sehat agar terbebas dari penyakit? Dilansir dari laman klikdokter, berikut ini beberapa hal yang mesti Anda perhatikan:

Ventilasi

Kebanyakan kamar mandi tidak memiliki ventilasi yang cukup, meskipun terpasang jendela yang dapat dibuka. Hal ini akan mengakibatkan terbentuknya uap air dan kondensasi pada dinding, cermin, dan jendela.

Ketika kondisi tersebut dikombinasikan dengan sedikit paparan debu, maka jamur akan lebih mudah terbentuk. Oleh karena itu, ventilasi yang baik adalah syarat kamar mandi sehat yang penting dan mesti diperhatikan.

Jangan Gunakan Produk Perawatan yang Mengandung Wewangian

Perhatikan kandungan dalam produk perawatan yang anda gunakan seperti sampo, kondisioner, krim, tonik wajah, dan lain sebagainya.

Wewangian yang ada di banyak produk perawatan tubuh, produk pembersih kamar mandi, dan yang lainnya dapat mengandung ratusan petrokimia. Produk-produk tersebut mungkin juga mengandung karsinogen yang diketahui dapat mengganggu kesehatan.

Jangan Gunakan Sabun Antibakteri

Zat antibakteri yang ada di sebagian sabun cuci tangan dapat bereaksi dengan klorin dari air kran. Kombinasi keduanya dapat membentuk awan kecil gas kloroform, yakni
bahan kimia yang dapat mempengaruhi sistem saraf pusat, hati, dan ginjal.

Selain itu, bahan kimia tersebut juga dapat menyebabkan iritasi mata, kulit, dan paru-paru, yang telah dikaitkan dengan asma, alergi, serta masalah tiroid dan reproduksi. Jauh lebih baik gunakan produk perawatan pribadi yang terbuat dari bahan organik bersertifikat.

Gunakan Filter pada Kran Kamar Mandi

Disarankan menggunakan filter pada kran di kamar mandi, terutama untuk orang yang alergi. Sebab filter dapat menyaring bahan-bahan berbahaya yang mungkin terdapat dalam air kran. Sebagai catatan, pelajari terlebih dahulu filter yang ada sebelum anda menggunakannya.

Gunakan Bahan yang Sehat untuk Membangun Kamar Mandi

Jika anda hendak membangun kamar mandi baru, hindari laminasi, lemari papan partikel, noda, sealer kayu konvensional, sealer ubin konvensional, nat keramik dengan bahan aditif beracun, dempul konvensional, serta cat dan primer konvensional.

Lebih baik gunakan bahan-bahan tidak beracun untuk membangun kamar mandi yang nantinya akan anda dan keluarga gunakan setiap hari.

Pilih Produk Pembersih Kamar Mandi yang Tepat

Perlu untuk memperhatikan produk pembersih kamar mandi yang akan anda gunakan. Pilihlah produk yang tidak hanya untuk kebersihan, tapi juga yang dapat mewujudkan kamar mandi sehat.

Populer video

Berita lainnya