Begini Cara Ampuh Menghilangkan Dark Spot di Wajah

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kecantikan Wajah
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Melanin yang memproduksi pigmen kulit secara berlebihan dapat membentuk dark spot atau noda hitam pada wajah. Masalah kulit ini umumnya disebabkan oleh paparan sinar matahari atau pemakaian obat-obatan.

Biasanya, buah lemon menjadi sarana ampuh untuk menangani masalah ini. Sebab, kandungan asam sitrat dan vitamin C di dalamnya mampu mencerahkan kulit secara alami. Melansir laman halodoc, berikut perawatan ampuh mengatasi dark spot pada wajah selain buah lemon.

Krim dan serum hidrokuinon

Sebuah penelitian pada tahun 2013 menemukan bahwa hidrokuinon memiliki manfaat yang potensial untuk mengatasi flek hitam. Meskipun dianggap aman, pemakaian hidrokuinon tetap perlu dibatasi untuk mencegah masalah kesehatan. Krim dan serum hidrokuinon disarankan untuk digunakan dalan jangka pendek saja. Hentikan pemakaian jika mengalami tanda-tanda iritasi, penggelapan kulit atau efek samping lainnya.

Retinoid

Zat ini bekerja dengan cara meningkatkan pergantian sel, mempercepat pengelupasan kulit dan mendorong pertumbuhan kulit yang baru. Namun, retinoid dapat membuat kulit lebih sensitif terhadap sinar matahari dan kekeringan. Oleh sebab itu, jangan lupa gunakan pelembap dan tabir surya usai memakai produk yang berbahan retinoid.

Perawatan laser

Jika ingin hasil yang lebih cepat, perawatan laser adalah solusinya. Perawatan ini menggunakan energi cahaya untuk mencerahkan area-area yang menghitam di bagian wajah. Laser akan menargetkan bagian kulit yang memproduksi pigmen berlebih lalu menghilangkannya selapis demi lapis. Lewat proses tersebut, lapisan kulit yang gelap akan terbakar.

Kekurangannya, perawatan laser umumnya menimbulkan efek samping berupa kulit kemerahan, peradangan, terbentuknya jaringan parut, perubahan tekstur kulit hingga infeksi kulit.

Eksfoliasi

Pengelupasan kulit atau biasa disebut dengan eksfoliasi umumnya menggunakan bahan kimia untuk memecah sel-sel kulit mati. Proses pengelupasan ini mampu mengangkat bagian atas kulit sehingga warna kulit bisa lebih merata. Bahan-bahan yang sering digunakan, meliputi asam alfa hidroksi (AHA), asam azelaic, asam beta hidroksi (BHA), asam glikolat, asam laktat, asam mandelat dan asam salisilat.

Mikrodermabrasi

Prosedur ini dilakukan dengan menyemprotkan kristal halus melalui alat khusus. Kemudian kulit akan digosok secara lembut untuk mengikis sel-sel mati yang menyebabkan noda hitam. Setelah perawatan, kulit biasanya menjadi kemerahan dalam waktu sementara.

Cryosurgery

Perawatan ini dilakukan dengan membekukan kulit dengan larutan nitrogen cair untuk menghilangkan bintik hitam.

Populer video

Berita lainnya