Ingin Tampil Klimis? Begini Teknik Mencukur Jenggot yang Benar

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Teknik Mencukur Jenggot yang Benar
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Menurut American Academy of Dermatology, rata-rata rambut tumbuh sekitar 0,5 cm per bulan. Jika ingin tampilan jenggot dan kumis klimis, setidaknya dalam sepekan anda butuh 1 kali mencukur bulu di wajah.

Namun sayangnya ada beberapa pria yang terkesan asal cukur tanpa memakai krim atau pelembap. Padahal hal ini bisa menyebabkan iritasi di wajah. Selain itu bulu tidak tumbuh secara maksimal dan justru menyebabkan masalah pada kulit sekitar wajah.

Dilansir dari laman helloSEHAt, ada beberapa tahapan yang bisa anda ikuti untuk mencukur yang benar tanpa harus takut kulit iritasi. Berikut tahapan tersebut.

  1. Sebelum mencukur, basahi kulit jenggot dan kumis agar membuatnya tampak lemas serta lembut. Kegiatan mencukur ini idealnya dilakukan setelah mandi. Sebab, sehabis mandi kulit anda akan hangat dan lembab. Selain itu kulit juga sedang bersih dan terbebas dari minyak sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pisau cukur.
  2. Oleskan krim atau gel cukur. Jika anda memiliki kulit yang kering atau sensitif, pakailah krim cukur yang dikhususkan untuk kulit sensitif. Biasanya anda bisa mendapati petunjuk itu di kemasan produknya.
  3. Mulai mencukur dengan gerakan pisau ke arah rambut tumbuh. Ini adalah langkah penting untuk membantu mencegah rasa panas terbakar, perih, atau bahkan iritasi.
  4. Sehabis anda mencukur jenggot dan kumis, bilas dengan air bersih. Pastikan juga anda mengganti pisau cukur sekali pakai setelah pencukuran 5 hingga 7 kali. Ini berfungsi untuk menghindari risiko iritasi dari pisau
  5. Terakhir, simpan pisau cukur di tempat yang kering. Ini diperlukan untuk mencegah bakteri tumbuh di pisau cukur anda. Jangan biarkan pisau cukur anda disimpan di kamar mandi atau di wastafel basah.

Populer video

Berita lainnya