Mengenal Istilah Languishing dan Cara Mengatasinya

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Languishing
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Languishing merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkan keadaan mental seseorang saat kesulitan merasakan hal-hal positif dari hidupnya. Orang-orang yang mengalami languishing biasanya akan merasakan penurunan kesejahteraan mental secara umum.

Tanda languishing pada setiap orang bisa berbeda-beda, tetapi umumnya, orang yang mengalami languishing akan merasakan:

  • Gelisah
  • Perasaan hampa
  • Perasaan terjebak
  • Sulit fokus saat mengerjakan pekerjaan sehari-hari
  • Tidak bersemangat menjalani kehidupan
  • Kurang motivasi dan minat untuk melakukan hal-hal yang biasanya disukai
  • Perlu diingat, languishing bukanlah sebuah gangguan kesehatan mental. Ini merupakan serangkaian emosi negatif yang dirasakan seseorang dalam kurun waktu tertentu saja, alias tidak muncul secara ekstrem dan terus-menerus.

Meskipun bukan termasuk gangguan kesehatan mental, languishing bisa menjadi salah satu faktor yang meningkatkan risiko seseorang mengalami gangguan mental, seperti gangguan kecemasan, PTSD, atau depresi. Sehingga, kondisi ini perlu diatasi dengan cara yang tepat. Melansir laman alodokter, berikut beberapa hal yang bisa Anda coba lakukan untuk menghadapinya:

Menyadari dan mengakui perasaan yang muncul

Saat merasakan beragam tanda languishing seperti di atas, hal pertama yang perlu dilakukan adalah dengan menyadari dan mengakui perasaan yang hadir. Cobalah beri nama berbagai emosi yang kamu rasakan dan renungkan apa yang membuatmu merasa demikian. Dengan begitu, Anda bisa lebih mudah mencari jalan keluar yang efektif atas hal-hal yang membuatmu mengalami languishing.

Menulis jurnal

Menulis jurnal harian atau diary bisa membantu untuk mengekspresikan pikiran, serta melihat pola emosi dan perilaku Anda sehari-hari. Hal ini bisa mengingatkanmu mengenai berbagai momen positif yang terjadi dalam keseharianmu, atau bahkan mengidentifikasi apabila Anda mengalami tanda-tanda languishing lebih awal.

Mempelajari keterampilan baru

Mencoba dan mempelajari keterampilan baru juga bisa dijadikan cara untuk mengatasi languishing, karena hal tersebut bisa membantu meningkatkan fokus dan motivasi. Dengan begitu, Anda akan lebih mudah merasakan berbagai emosi yang positif.

Mengubah suasana sekitar

Jika merasa bahwa rumah atau lingkungan kerja memengaruhi languishing yang Anda alami, mungkin ini saatnya untuk mempertimbangkan perubahan suasana di lingkungan sekitar. Mulailah dari perubahan yang kecil, misalnya meletakkan bunga segar di meja kerja atau mengubah warna cat dinding kamar tidur.

Menjaga komunikasi dengan orang terdekat

Mengalami languishing sering membuat seseorang ingin menghindar dari seluruh lingkaran sosialnya. Padahal, menjaga komunikasi dengan orang-orang terdekat adalah hal yang penting, apalagi jika Anda sedang mengalami languishing. Ini karena hal tersebut bisa membuatmu merasa didukung dan dipedulikan.

Populer video

Berita lainnya