Apa yang Harus Dilakukan Saat Terjadi Bencana Gempa Bumi?

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Gempa Bumi
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Gempa bumi bisa terjadi kapan saja. Terlebih Indonesia masuk ke dalam kawasan Ring of Fire, atau dilalui oleh jalur pertemuan tiga lempeng tektonik, yang membuat Indonesia menjadi negara yang rawan bencana gempa bumi.

Oleh karena itu, penting untuk tahu apa saja hal yang perlu dilakukan saat terjadi gempa bumi. Melansir laman halodoc, berikut ini hal yang bisa Anda lakukan saat terjadi gempa bumi.

Lindungi Diri dengan Drop! Cover! Hold On!

Aturan umum untuk menyelamatkan diri saat gempa bumi adalah Drop! Cover! Hold On!, yaitu:

  • Drop! Jatuhkan tangan dan lutut ke tanah atau lantai. Posisi ini melindungi Anda dari jatuh, tetapi memungkinkan Anda untuk tetap bergerak jika perlu.
  • Cover! Lindungi kepala dan leher (dan seluruh tubuh jika memungkinkan) di bawah meja atau meja yang kokoh.
  • Hold On! Berpegangan pada tempat berlindung sampai goncangan berhenti.

Jika Berada di Dalam, Tetaplah di Dalam

Tidak perlu panik berlari ke luar atau ke ruangan lain saat terjadi gempa. Untuk mengurangi kemungkinan terluka, lakukan tindakan berikut:

  • Menjauh dari kaca, benda yang digantung, rak buku, lemari keramik, atau perabot besar lainnya yang dapat jatuh. Perhatikan juga benda-benda yang jatuh.
  • Ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah dari puing-puing yang berjatuhan dan pecahan kaca.
  • Jika berada di tempat tidur, tahan dan tetap di sana, lindungi kepala dengan bantal.

Tetap di Dalam Gedung Jika Sedang Bekerja

Jika saat terjadi gempa bumi kamu sedang berada di kantor atau gedung bertingkat tinggi, jangan panik dan berlari keluar. Tetaplah berada di dalam. Selain itu, menjauhlah dari jendela dan dinding luar dan cari meja untuk berlindung.

Jika Berada di Tempat yang Ramai, Fokus untuk Melindungi Diri

Apabila sedang berada di tempat yang ramai, fokuslah untuk melindungi diri. Namun, jangan terburu-buru menuju pintu keluar. Jauhi rak pajangan yang berisi benda-benda yang mungkin jatuh. Berlindung dan ambil sesuatu untuk melindungi kepala dan wajah dari puing-puing dan kaca yang berjatuhan.

Jika Sedang Berada di Luar, Cari Area Terbuka

Jika sedang berada di luar saat gempa bumi, tetaplah di luar. Menjauhlah dari bangunan, kabel utilitas, lubang pembuangan, dan saluran bahan bakar dan gas. Pergilah ke area terbuka yang jauh dari pepohonan, tiang telepon, dan bangunan. Begitu berada di tempat terbuka, tetap di sana sampai goncangan berhenti.

Segera Berhenti Jika Berada di Dalam Kendaraan yang Bergerak

Jika berada di dalam kendaraan yang bergerak saat gempa bumi, berhentilah secepat dan seaman mungkin. Pindahkan kendaraan ke bahu atau tepi jalan, jauh dari tiang listrik, kabel di atas kepala, dan underpass atau overpass.

Tetap di dalam mobil dan pasang rem tangan. Mobil mungkin bergoyang keras, tetapi ini adalah tempat yang baik untuk tetap tinggal sampai guncangannya berhenti.

Populer video

Berita lainnya