Cara Mengatasi Hidung Tersumbat Sebelah Ala Rumahan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Hidung Tersumbat
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Hidung tersumbat sebelah sebelah memang sangat mengganggu. Apalagi di malam hari ketika Anda hendak istirahat tidur. Kondisi ini bisa disebabkan beberapa hal. Mulai dari deviasi septum, polip hidung, atau ada benda asing yang masuk ke dalam hidung.

Untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah tidak selalu harus dengan obat-obatan. Ada beberapa penanganan ala rumahan yang mungkin cocok untuk mengatasi hidung tersumbat sebelah. Melansir laman alodokter, berikut caranya.

Mengompres hidung

Rendam handuk kecil dalam air hangat lalu peras, kemudian tempelkan di atas hidung yang tersumbat atau di dahi. Cara ini dapat membantu meringankan hidung tersumbat sebelah dengan cara membuka atau melebarkan saluran hidung dari luar. Cara ini juga dapat mengurangi gejala peradangan pada lubang hidung, yang menjadi penyebab hidung tersumbat.

Membilas hidung

Membilas hidung dengan larutan air garam juga bisa menjadi cara mengatasi hidung tersumbat sebelah. Anda bisa membeli larutan air garam di toko obat atau membuat sendiri di rumah. Lakukan beberapa kali sehari untuk membantu membersihkan hidung dan menjaga saluran hidung tetap lembap.

Minum banyak air

Minum air dapat membantu mengencerkan dan mengeluarkan lendir di saluran hidung. Tidak hanya minum air putih, Anda juga bisa mengonsumsi teh hangat atau jus buah sebagai cara mengatasi hidung tersumbat sebelah.

Mandi air hangat

Mandi dengan air hangat juga dipercaya dapat mengatasi hidung tersumbat sebelah. Uap panas yang dikeluarkan oleh air hangat dipercaya dapat mengencerkan lendir di hidung, mengurangi peradangan, dan membantu melancarkan pernapasan Anda walau untuk sementara waktu.

Menggunakan bantal tambahan

Tidur telentang bisa membuat lendir menggenang dan menyumbat jalan napas, terutama di hidung. Oleh karena itu, Anda dianjurkan untuk menggunakan bantal lebih dari satu agar posisi kepala sedikit lebih tinggi dari tubuh.

Populer video

Berita lainnya