Atasi Kulit Kering Saat Berpuasa? Coba Cara Ini

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Kulit Kering
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Saat menjalani puasa Ramadan, banyak orang yang kurang memerhatikan asupan cairan. Akibatnya, kurangnya cairan yang dibutuhkan tubuh sehingga menyebabkan kulit tubuh menjadi kering. Kondisi ini tentunya dapat membuat Anda tidak nyaman dan kurang percaya diri lantaran penampilan menjadi terlihat kurang menarik.

Sebenarnya kulit yang kering ketika berpuasa dapat diatasi dengan cara yang sederhana. Ada banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi masalah kulit kering selama berpuasa. Contohnya mengonsumsi air putih yang seimbang selama sahur dan berbuka hingga mengonsumsi makanan sehat yang dapat melembapkan kulit.

Selain itu, Anda juga bisa menggunakan beberapa bahan alami sebagai cara untuk mengatasi kulit kering selama puasa. Nah, melansir laman halodoc, berikut ini beberapa bahan alami yang bisa atasi kulit kering saat puasa serta cara penggunaannya.

Susu

Susu mengandung asam beta hidroksi yang memiliki fungsi untuk menggantikan sel-sel kulit mati. Selain itu, kandungan asam laktat pada susu juga dipercaya dapat melembapkan kulit dan meremajakan kulit. Anda bisa melakukan mandi susu jika kamu mau merasakan langsung manfaat dari susu.

Anda juga bisa mencampurkan susu dengan bahan luluran alami lainnya yang ada di rumah. Selain itu, Anda juga bisa basuhkan kulityang kering dengan susu yang tidak mengandung gula selama 5 hingga 7 menit, kemudian bilas kulit dengan air bersih.

Madu

Madu memiliki kandungan yang dapat mengikat zat air, sehingga mereka akan membantu mengatasi kulit kamu yang kering akibat menjalani ibadah puasa. Anda bisa gunakan madu sebagai bahan untuk lulur. Anda juga bisa mencampur madu dengan susu agar manfaatnya semakin maksimal. Tidak hanya membuat kulit terasa lembap, madu juga bisa membuat kulit terlihat lebih cerah.

Caranya, Anda hanya perlu mengusapkan madu pada bibirmu saat berbuka dan malam hari sebelum tidur. Biarkan selama 30 menit, kemudian bilas dengan air bersih. Lakukan secara rutin agar kelembapan bibir tetap terjaga.

Lidah buaya

Lidah buaya memiliki banyak sekali kandungan yang baik untuk kulit seperti enzim, asam amino, gula alami, mineral, dan vitamin E. Jika Anda mau memanfaatkan lidah buaya untuk melembapkan kulit, ambil bagian gel dalam dari lidah buaya dan lateks yang merupakan sel-sel dari bagian tanaman lidah buaya yang berada tepat di bawah kulitnya. Anda bisa menjadikan gel tersebut sebagai bahan untuk lulur.

Oatmeal

Oatmeal mengandung protein tinggi yang dapat membantu kamu untuk memperbaiki kulit. Jika ingin mencobanya, Anda dapat menggunakan oatmeal sebagai masker atau bahan alami untuk lulur badan.

Minyak kelapa

Mengoleskan minyak kelapa juga menjadi pilihan untuk mengatasi kulit kering saat berpuasa. Perlu diketahui bahwa minyak kelapa memiliki sifat emolien, yang berarti mampu mengisi ruang di antara sel-sel kulit. Nantinya, mekanisme tersebut akan menciptakan permukaan kulit yang halus. Anda bisa mengoleskan minyak kelapa pada area kulit kering setiap hari tanpa perlu campuran apa pun.

Populer video

Berita lainnya