Pilihan Menu Sehat dan Lezat untuk Berbuka Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Salad Sayur
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Setelah seharian penuh menahan lapar dan haus, Anda boleh saja menuntaskan hasrat tersebut dengan menyantap makanan yang disuka. Namun jangan lupa, tetap harus memilih menu berbuka yang sehat, ya. Dengan pola makan yang sehat, tentnunya bisa menjaga kondisi tubuh sehingga Anda dapat menjalani ibadah pada bulan Ramadan ini dengan optimal.

Sudah menjadi rahasia umum, menu berbuka puasa biasanya didominasi oleh beragam makanan manis. Memang, ada makanan manis yang sehat, tapi sebagian mengandung terlalu banyak gula tambahan. Makanan manis dipilih sebagai menu buka puasa karena bisa mengembalikan energi dengan cepat. Namun, Anda tetap perlu memperhatikan kandungan gizinya.

Makanan yang terlalu banyak mengandung gula tidak baik karena meningkatkan risiko sejumlah gangguan kesehatan, seperti kenaikan berat badan berlebih hingga diabetes. Nah, agar tubuh kembali berenergi dan tetap sehat, berikut beberapa pilihan menu buka puasa yang bisa Anda coba sepeti dilansir dari laman hellosehat.

Kolak pisang tanpa santan

Bagi Anda yang tidak suka makanan bersantan atau takut mengonsumsi kolak karena kandungan santannya, jangan cemas. Anda bisa mengganti santan dengan bahan lain yang lebih menyehatkan. Alih-alih menggunakan santan sebagai bahan kuah kolak, coba gantilah dengan susu.

Pilihlah susu skim yang kandungan lemaknya lebih rendah. Anda juga dapat mengganti gula merah dengan pemanis buatan yang rendah kalori.

Smoothies buah

Manisnya segelas smoothies bisa menghilangkan dahaga seketika. Minuman ini biasanya dibuat dari campuran yoghurt atau susu dengan potongan buah segar. Menu buka puasa sehat ini punya keunggulan dibandingkan jus biasa. Pasalnya, kandungan serat smoothies cukup tinggi sehingga satu gelas saja sudah bisa menghilangkan rasa haus dan lapar. Kalorinya pun tidak banyak, yakni sekitar 200–300 kkal untuk setiap sajian.

Bila Anda ingin smoothies yang sehat, pilihlah susu atau yoghurt yang rendah lemak dan gula. Tidak perlu tambahan gula karena buah yang digunakan sudah memiliki rasa manis.

Es buah

Biasanya, es buah mengandung gula pasir, berbagai jenis sirup, dan krim kental manis. Hal ini membuat kandungan gulanya menjadi sangat tinggi Namun, Anda bisa membuat menu buka puasa ini menjadi lebih sehat. Caranya dengan membuat kuah dengan campuran air, perasan lemon, dan madu. Anda juga bisa membuat kuahnya dari jus buah kaya air, seperti semangka.

Puding buah

Puding biasanya lekat dengan rasa yang manis dan kandungan gula yang tinggi. Tetapu, Anda tetap bisa membuat puding yang menyehatkan dengan bahan utama berupa buah-buahan segar. Caranya, buatlah puding dari bubuk agar-agar tawar. Setelah matang, siapkan beberapa potong buah-buahan favorit Anda di dalam sebuah wadah, dan diamkan beberapa jam.

Lumpia buah basah

Seperti lumpia basah pada umumnya, tetapi isi lumpia yang satu ini diganti dengan buah-buahan. Anda bisa menggunakan hampir semua jenis buah yang Anda sukai, seperti mangga, buah naga, kiwi, nanas, stroberi, dan lain-lain.

Berbeda dengan lumpia yang umumnya digoreng, Anda pun dapat berkreasi dengan teknik pengolahan makanan berbuka puasa yang sehat ini. Misalnya, coba panggang lumpia selama beberapa menit untuk mendapatkan kulit lumpia yang renyah dan gurih. Untuk menambah ekstra kalori dan energi, buatlah saus dengan mencampurkan madu dan perasan lemon.

Salad sayur dan buah

Sayur dan buah diproses secara perlahan di dalam lambung dan usus. Hal ini membuat pengosongan perut lebih lama. Jadi, efek kenyang akan berlangsung lebih lama. Sebagai catatan, saat mengolah salad sayur dan buah, sebaiknya hindari saus tinggi garam, gula, dan lemak jenuh, seperti krim kental manis, mayonais, dan saus keju. Gantilah dengan dressing salad yang sehat, seperti minyak zaitun, madu dan lemon, serta yoghurt tanpa gula.

Sup

Seperti halnya salad sayur, sup memberikan asupan serat yang direkomendasikan sebagai menu buka puasa yang sehat. Sup mengandung berbagai macam jenis sayur-sayuran yang bisa memperkaya zat gizi. Kuahnya pun membantu mengembalikan kadar air yang hilang selama berpuasa.

Populer video

Berita lainnya