Simak Manfaat Olahraga Yoga saat Puasa

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Yoga
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Puasa bukan menjadi alasan Anda malas berolahraga. Justru melakukan olahraga yang tepat dan benar akan dapat mendorong tubuh melakukan pembakaran lemak yang tersimpan di beberapa area di tubuh. Selain itu, olahraga selama puasa juga dapat membuat kerja otot lebih maksimal dan terbangun ketahanannya. Namun tentunya, Anda harus menyesuaikan olahraga yang dipilih selama puasa, misalnya Yoga.

Yoga merupakan salah satu jenis olahraga yang cocok untuk kamu lakukan ketika berpuasa. Manfaat melakukan yoga saat puasa pun banyak, mulai dari membuat perasaan lebih tenang hingga meningkatkan stamina. Anda juga bisa melakukan yoga kapan saja, baik setelah sahur atau sebelum berbuka puasa.

Selain aman dilakukan saat puasa, olahraga yang memadukan latihan fisik, mental, dan spiritual ini juga dapat memberikan manfaat kesehatan. Melansir laman alodokter, berikut manfaat yoga yang bisa Anda dapatkan selama berpuasa:

Meningkatkan kualitas tidur

Saat puasa, pola tidur bisa saja berubah. Hal ini karena Anda perlu bangun menjelang waktu subuh untuk makan sahur. Namun meski jam tidur berubah, Anda tetap dianjurkan tidur selama kurang lebih 8 jam setiap harinya. Nah, agar kualitas dan durasi tidur tetap terjaga selama bulan puasa, Anda apat mencoba olahraga yoga. Pasalnya, olahraga jenis ini dipercaya mampu membuat tidurmu jadi lebih nyenyak.

Meningkatkan stamina

Sama seperti olahraga lainnya, yoga juga bermanfaat untuk meningkatkan stamina. Melalui beragam pose yoga, Anda bisa merasakan adanya peningkatan energi mental dan fisik. Dengan begitu, Anda bisa lebih bugar dan fit untuk menjalani puasa.

Melatih kesabaran

Melakukan yoga saat puasa secara rutin bisa membuat pikiran lebih tenang dan melatih Anda untuk jadi pribadi yang lebih sabar. Bahkan, yoga juga diketahui dapat membantumu mengelola emosi dan meningkatkan suasana hati.

Mengurangi stres dan kecemasan

Jika stres atau cemas melanda dan mengganggu kelancaran puasa Anda, cobalah lakukan yoga untuk mengatasinya. Yoga dapat meningkatkan produksi hormon kebahagiaan dan menurunkan kadar hormon kortisol, yaitu hormon yang memicu stres.

Menjaga berat badan tetap ideal

Meski ketika puasa tubuh tidak mendapatkan asupan makanan dan minuman setiap saat, akan tetapi pada orang yang tidak mengelola pola makan dan gaya hidup dengan baik, maka kenaikan berat badan tetap bisa saja terjadi. Untuk itu, selain menerapkan pola makan sehat saat puasa, Anda juga perlu berolahraga secara rutin.

Melakukan yoga secara rutin selama 15–30 menit, setiap hari atau minimal 2–3 kali seminggu, dapat menjaga berat badan tetap ideal, melatih kelenturan tubuh, dan membantu melancarkan pernapasan.

Populer video

Berita lainnya