Begini Cara Sederhana Menghentikan Perilaku Self-Harm

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Self-Harm
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Self-harm atau melukai diri sendiri sering dijadikan cara untuk mengalihkan pikiran dari situasi yang menimbulkan stres atau trauma. Banyak pelaku self-harm sebenarnya mengetahui dampak negatif dari perilakunya. Namun, ini dinilai menjadi cara mereka untuk mengalihkan pikiran dan rasa sakit emosional.

Alasan itu yang membuat pelaku self-harm kesulitan menghentikan tindakan ini. Namun Anda bisa mulai menguranginya dengan beberapa cara berikut. Melansir laman hellosehat, simak penjelasannya betikut ini.

Jauhkan benda yang dapat menyebabkan luka

Melihat benda-benda yang dapat membuat Anda terluka cenderung meningkatkan hasrat untuk melakukan self-harm. Karenanya, singkirkan benda-benda tersebut dari pandangan. Anda juga dapat menghindari tempat yang biasa dipakai untuk melukai diri sendiri.

Bercerita dengan orang terdekat

Alihkan pikiran Anda dengan mengobrol baik itu dengan orangtua, kakak atau adik, atau teman dekat ketika pikiran menyakiti diri sendiri muncul. Tidak harus blak-blakan berbicara tentang hasrat self-harm Anda, bicarakan topik apa saja yang bisa membuat Anda lebih tenang.

Jika Anda tidak bisa berbicara dengan seseorang, coba untuk diam selama 15 menit. Jika 15 menit terlewati tanpa melukai diri sendiri, puji diri Anda sendiri karena sudah berhasil.

Alihkan perhatian

Cara yang satu ini dapat membantu menghilangkan dorongan self-harm saat Anda sendirian dan situasinya tidak memungkinkan untuk keluar rumah. Siapkan sebuah kotak, lalu isi dengan barang-barang yang membutuhkan konsentrasi, aman, dan bisa membuat Anda nyaman seperti buku mewarnai, puzzle atau video game.

Menulis jurnal

Menulis jurnal dapat membantu Anda mencari penyebab munculnya keinginan melukai diri sendiri. Tulis juga berbagai alasan “Kenapa aku mencintai diriku sendiri” atau kebahagiaan yang selama ini pernah Anda alami untuk disimpan dan dibaca ulang saat merasa terpuruk. Hal terpenting adalah Anda bisa lebih memahami emosi yang dirasakan sehingga penyebab dorongan menyakiti diri sendiri dapat disadari.

Menangis

Menangis merupakan salah satu cara terbaik untuk menyalurkan stres sekaligus menghentikan dorongan self-harm. Saat Anda menangis karena stres, sebenarnya tubuh juga sedang melepaskan hormon stres atau racun dari dalamnya melalui air mata yang menetes. Itu sebabnya, kebanyakan orang akan merasa lega setelah menangis.

Olahraga

Kegiatan ini membantu melepaskan ketegangan fisik dan mengatasi stres yang mungkin jadi pemicunya. Pergilah berlari atau berjalan-jalan di taman, melompat-lompat di tempat, atau meninju samsak atau bantal. Anda juga bisa berolahraga dengan teman atau melakukan kegiatan fisik sejenisnya bersama.

Populer video

Berita lainnya