Sering Kesiangan? Coba Cara Ini Agar Bangun Pagi

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Tips Bangun Pagi Hari
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tidak semua orang dapat bangun pagi setiap hari. Terutama bagi mereka yang gemar tidur hingga larut malam. Padahal, bangun pagi bisa membuat tubuh lebih segar dan mood jauh lebih bahagia. Selain itu, bangun pagi juga bisa membuat Anda lebih produktif.

Nah, bagi Anda yang sulit bangun pagi, ada beberapa cara yang bisa dipraktikkan agar kebiasaan bangun siang bisa diminimalisir. Melansir laman hellosehat, simak penjelasannya berikut ini.

Cari alasan kuat untuk bangun pagi

Pikirkan motivasi untuk bangun pagi seperti agar tidak terlambat ibadah atau berangkat ke kantor. Di samping itu, beri tahukan kepada orang di sekitar, seperti orangtua atau pasangan, tentang kebiasaan baru yang akan Anda lakukan untuk mengurangi kebiasaan kurang tidur. Mereka mungkin bisa membantu mengingatkan Anda untuk tidur awal dan membangunkan bila Anda belum terbiasa.

Mulai pelan-pelan

Mengubah jam tidur tidak semudah membalikkan telapak tangan. Butuh bertahap untuk melakukannya. Cobalah untuk bangun 15–20 menit lebih awal selama seminggu. Apabila cara bangun pagi ini berhasil, selanjutnya coba bangun satu jam lebih awal dan begitu seterusnya.

Tidur lebih awal

Hampir tidak mungkin bagi Anda untuk bangun pagi bila bergadang sebelumnya. Jika sulit untuk tidur, cobalah membaca buku atau mendengarkan musik klasik sebagai pengantar tidur. Hal ini bisa membantu Anda untuk mengantuk dan tidur lebih cepat.

Bila Anda mengalami gangguan tidur yang membuat Anda terjaga setiap malam, seperti insomnia, cobalah periksakan kondisi kesehatan ini dengan dokter.

Buat suasana kamar yang nyaman

Kamar yang nyaman membuat tidur lebih nyenyak dan bangun tidur lebih pagi. Kondisi kamar yang berantakan, terlalu terang dan bising, atau terlalu panas dapat menyebabkan Anda sulit tidur. Karenanya pastikan penataan kamar sudah baik supaya Anda mendapatkan kualitas tidur yang baik dan bisa bangun pagi setiap hari.

Segera keluar kamar tidur

Setelah terbangun, sebaiknya segera keluar dari kamar Anda. Percaya atau tidak, metode ini cukup efektif untuk membantu Anda bangun pagi. Makin cepat Anda keluar dari kamar, maka makin siap diri Anda untuk menghadapi hari. Meski tak mudah, lama-kelamaan hal ini dapat jadi sebuah kebiasaan baik bila Anda memiliki tekad dan kedisiplinan yang baik.

Hindari makan sebelum tidur

Kebiasaan makan sebelum tidur ternyata bisa memicu gangguan tidur. Ini karena tubuh yang seharusnya beristirahat malah sibuk bekerja memproses makanan yang baru Anda makan. Selain itu, hindari minuman yang mengandung kafein, seperti kopi atau teh, sebelum tidur agar Anda bisa cepat terlelap dan tidur lebih nyenyak.

Populer video

Berita lainnya