Ini Manfaat Inemuri, Budaya Tidur saat Bekerja

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Stres di tempat kerja
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Inemuri adalah tidur dalam kondisi duduk atau berbaring, umumnya di tempat kerja. Secara harfiah, istilah ini dapat diartikan “hadir dalam tidur”. Kebiasaan ini telah menjadi kebudayaan unik orang Jepang selama lebih dari 1.000 tahun, dan dipercaya memiliki banyak manfaat.

Kebiasaan inemuri di tempat kerja sangat diperbolehkan dan bahkan dianjurkan. Bagi masyarakat Jepang, kebiasaan ini menunjukkan bukti kerja keras, dedikasi, dan komitmen selama bekerja. Dengan kata lain, mencuri-curi waktu tidur di sela kegiatan atau pekerjaan merupakan hal yang wajar dan dapat ditoleransi. Bukan sekadar budaya yang unik, ini manfaat Tak inemuri seperti dilansir dari laman hellosehat.

Badan terasa lebih segar dan bertenaga

Di siang hari, normalnya suhu tubuh akan menurun dan kadar hormon melatonin naik. Hal tersebut merupakan sinyal tubuh bahwa Anda membutuhkan tidur, dengan rasa kantuk yang semakin lama akan semakin besar hingga menjelang malam hari. Hal ini disebut dengan homeostatic sleep drive.

Tidur siang singkat dapat mengurangi tekanan rasa kantuk yang kuat pada siang hari atau menstabilkan kondisi homeostatic sleep drive tersebut.

Mengurangi lelah dan stres

Tidur siang singkat di kantor dapat mengurangi rasa lelah karena dapat mengembalikan energi yang hilang. Tidak hanya itu, tidur siang juga dapat memperbaiki suasana hati, menurunkan kecemasan, dan depresi. Hal ini karena tidur siang singkat memicu rasa rileks pada tubuh.

Memperkuat memori

Tidur siang singkat dipercaya dapat memperkuat memori atau ingatan. Karena saat tidur, otak seperti beristirahat dan terbentuk konsolidasi memori. Ini merupakan proses ketika otak mengolah informasi yang didapat menjadi ingatan jangka panjang.

Sebuah studi menyebutkan, durasi tidur 60–90 menit memiliki manfaat meningkatkan memori dan proses belajar yang sama besarnya dengan tidur malam hari (dalam durasi penuh 7–8 jam).

Meningkatkan konsentrasi dan kreativitas

Tidur singkat 15–30 menit dapat meningkatkan fokus dan konsentrasi. Aktivitas ini dikenal pula dengan istilah power nap. Selain itu, tidur siang singkat juga dapat meningkatkan aktivitas pada belahan otak bagian kanan. Bagian otak ini berfungsi mengatur kreativitas dan wawasan.

Meningkatkan performa kerja

Bagi pekerja, manfaat tidur siang singkat ini dapat berpengaruh pada performa kerja. Adanya stamina, konsentrasi, suasana hati yang lebih baik, serta kreativitas yang meningkat dapat membuat pekerja lebih produktif.

Selain itu, bagi orang-orang dengan pekerjaan tertentu seperti sopir dan karyawan sif malam yang kurang tidur, tidur siang singkat seperti inemuri sangat dianjurkan. Hal ini bertujuan agar performa kerja lebih baik dan mengurangi angka kecelakaan kerja.

Populer video

Berita lainnya