Google Doodle Kenang Sosok Ruhana Kudus

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Google Doodle Rohana Kudus
Foto: Google

Celebrithink.com – Mungkin tak banyak orang yang mengetahui sosok Ruhana Kuddus atau yang dikenal Rohana Kudus. Ya, dia adalah perempuan asal Tanah Minang yang merupakan wartawati pertama yang dimiliki Indonesia. Atas prestasinya, Google pun mengenang sosok Ruhana Kudus, dengan menampilkan ilustrasi gambarnya.

Ruhana Kudus merupakan simbol kesetaraan dan kebebasan berekspresi perempuan. Atas prestasi kepeloporannya, Pada 8 November 2019 Presiden Joko Widodo menganugerahkan gelar pahlawan nasional kepada Ruhana Kuddus, berdasarkan keputusan Dewan Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan.

Roehana Koeddoes lahir dengan nama Siti Roehana pada tanggal 20 Desember 1884 di kota kecil Koto Gadang, Sumatera Barat, Hindia Belanda (sekarang Indonesia). Ia besar di mana perempuan Indonesia umumnya tidak mendapat pendidikan formal. Kecintaan Ruhana kepada membaca sudah terlihat sejak berusia 7 tahun, dengan membaca halaman-halaman surat kabar lokal.

Selain dunia jurnalistik, Ruhana Kudus juga aktif di sektor pendidikan. Di tahun 1911, ia mendirikan sekolah pertama di Indonesia yang khusus diperuntukkan bagi perempuan. Sepanjang karirnya, Ruhana Kudus terus menulis artikel yang mendorong perempuan untuk membela kesetaraan dan melawan kolonialisme, dengan beberapa mencapai pengakuan nasional. .

Ruhana Kudus diketahui meninggal dunia pada usia 87 tahun pada 17 Agustus 1972.

Populer video

Berita lainnya