Manfaat Minum Air Putih Sebelum Tidur

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Manfaat Minum Air Putih
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Air putih sangat penting bagi tubuh. Sebab, dalam sehari tubuh manusia setidaknya memerlukan 8 gelas air untuk memenuhi cairan di tubuh. Bahkan jumlah itu bisa lebih banyak lagi bila melakukan aktivitas berat atau berada di bawah sinar matahari dalam waktu lama.

Agar tubuh semakin sehat dan baik, Anda dapat mencoba membiasakan diri untuk mengonsumsi air putih sebelum tidur. Sebab, kebiasaan ini memiliki manfaat yang baik untuk kesehatan. Melansir laman helloSEHAT, berikut manfaat yang bisa didapat dari minum air putih sebelum tidur.

Memenuhi kebutuhan cairan dalam satu hari

Jika Anda kurang minum pada siang hari, maka dengan membiasakan diri untuk minum air putih sebelum tidur dapat membantu tubuh untuk menjaga status cairannya.Apalagi, selama 7-8 jam Anda tidur malam hari, tubuh tak akan mendapatkan cairan apapun.

Jadi, untuk mencegah tubuh Anda mengalami kondisi kekurangan cairan atau dehidrasi, Anda bisa memanfaatkan waktu malam sebelum tidur untuk minum satu sampai dua gelas air putih.

Membantu menurunkan berat badan

Bagi yang sedang berdiet, Anda bisa membiasakan kebiasaan ini untuk membuat diet Anda lebih cepat berhasil. Sebab, rasa lapar sering kali muncul pada malam hari mendekati waktu tidur. Minum air putih sebelum tidur akan mencegah Anda mengonsumsi atau ngemil makanan yang tak sehat dan pada akhirnya membuat berat badan naik.

Membantu membersihkan tubuh

Manfaat minum air putih sebelum tidur tak hanya membuat kebutuhan cairan tubuh terpenuhi saja, tapi juga mencegah dari gejala sembelit atau permasalahan pencernaan lain. Sebab, usus membutuhkan air untuk membentuk feses agar lebih lunak dan mudah keluar dari tubuh.

Jika tubuh kekurangan cairan, tekstur feses menjadi lebih keras dan susah melewati anus. Kondisi inilah yang menyebabkan Anda mengalami sembelit.

Mencegah sakit kepala

Jika sebelum tidur tidak minum, keesokkan harinya bisa jadi Anda bangun dalam kondisi haus. Selain itu, kurangnya cairan tubuh bisa membuat kepala terasa sakit saat bangun tidur.

Guna mencegah sakit kepala pada pagi hari, Anda bisa mencoba manfaat minum air putih sebelum tidur. Asupan cairan tubuh tetap terjaga dan kemungkinan besar mencegah Anda dari sakit kepala.

Populer video

Berita lainnya