Ketahui Fungsi Penting Bulu Hidung untuk Kesehatan Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Mencabut Bulu Hidung
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Tuhan menciptakan manusia dengan sempurna. Itu terbukti dari setiap organ yang ada pada tubuh manusia, yang pasti memiliki fungsinya masing-masing. Tak terkecuali bulu hidung yang terkadang dianggap mengganggu dan menurunkan rasa percaya diri, karena tumbuh tebal hingga keluar lubang hidung, dan bisa sangat terlihat.

Nyatanya bukan hanya tumbuh begitu saja. Bulu hidung pun memiliki berbagai fungsi penting bagi kesehatan tubuh. Melansir laman halodoc, berikut ini beberapa fungsi penting dari bulu hidung yang bermanfaat bagi kesehatan tubuh yang mungkin belum Anda ketahui.

Menjaga kesehatan dan melindungi tubuh

Bulu hidung dapat menjaga kesehatan tubuh sekaligus melindungi tubuh. Sebab, bulu hidung berfungsi sebagai filter yang mencegah partikel seperti debu, serbuk sari, dan alergen memasuki paru-paru. Ketika partikel memasuki hidung, partikel tersebut akan terjebak pada lapisan tipis lendir yang melapisi bulu hidung. Pada akhirnya, partikel-partikel tersebut akan dikeluarkan melalui bersin atau tertelan.

Menjaga kelembapan udara

Selain menyaring polusi dan partikel asing dari udara, bulu hidung juga dapat menjaga kelembapan udara yang dihirup saat bernapas. Itulah sebabnya jika memotong bulu hidung, pastikan untuk tidak memotongnya terlalu tips.

Memudahkan seseorang bernapas

Bulu hidung memiliki peranan penting bagi Anda yang memiliki masalah pernapasan seperti asma. Sebab, bulu-bulu halus ini akan membantu dan memudahkan Anda dalam bernapas. Selain itu, hidung juga dipenuhi dengan rambut mikroskopis yang disebut silia. Perlu diketahui bahwa silia dapat membantu mendorong lendir dan kotoran lainnya menjauh dari paru-paru.

Populer video

Berita lainnya