Simak Cara Efektif Meningkatkan Stamina Tubuh

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Stamina Tubuh
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Memiliki stamina yang prima dapat mendukung kesehatan fisik dan mental, serta produktivitas kerja. Pada dasarnya, stamina adalah ketahanan fisik maupun mental seseorang dalam jangka waktu lama. Nah, ada banyak cara untuk meningkatkan atau menjaga stamina, lho. Cara tersebut tentunya berhubungan erat dengan pola hidup sehat. Melansir laman alodokter, simak ulasannya berikut ini.

Rutin Olahraga

Guna menjaga dan meningkatkan stamina, setidaknya berolahragalah setidaknya 150 menit setiap minggu. Jika Anda orang yang jarang olahraga, mulailah dengan olahraga ringan seperti jalan santai. Lalu tingkatkan intensitasnya jika Anda sudah terbiasa. Ini perlu dilakukan karena penambahan intensitas olahraga secara berkala juga dapat memperkuat stamina tubuh.

Mendengarkan Musik

Anda bisa mendengarkan musik saat berolahraga. Sebab, hal ini bisa meningkatkan suasana hati sekaligus mengalihkan perhatian Anda dari rasa lelah. Dengan begitu, olahraga dapat jadi lebih maksimal sehingga stamina menjadi lebih kuat.

Konsumsi Makanan Penambah Stamina

Selain rutin berolahraga, Anda dianjurkan mengonsumsi makanan penambah stamina guna memiliki stamina yang kuat. Ada banyak ragam pilihan makanan yang dapat meningkatkan stamina ada seperti oatmeal, telur, daging tanpa lemak, dan kacang-kacangan.

Minum Air Putih yang Cukup

Mencukupi kebutuhan cairan tubuh setiap harinya juga turut memengaruhi stamina. Oleh karena itu, biasakan diri minum air putih minimal 8 gelas atau 2 liter sehari agar stamina tetap terjaga.

Istirahat yang Cukup

Pastikan waktu tidur Anda tercukupi dengan baik. Tidur yang cukup juga berperan terhadap peningkatan stamina karena tidak hanya membuat tubuh menjadi lebih berenergi, tapi juga dapat meningkatkan suasana hati.

Konsumsi Ramuan Herbal

Salah satu ramuan herbal yang dipercaya dapat meningkatkan stamina adalah ashwagandha. Ashwagandha merupakan ginseng India yang telah lama digunakan untuk meningkatkan energi sekaligus mengurangi stres, sehingga membuat stamina menjadi lebih kuat. Namun, hindari konsumsi ashwagandha secara sembarangan, terutama jika Anda memiliki penyakit atau kondisi medis tertentu.

Meditasi

Dari sekian banyak jenisnya, salah satu jenis meditasi yang paling umum adalah yoga. Studi menunjukkan bahwa seseorang yang melakukan yoga selama 6 minggu, cenderung tidak mudah lelah dan stres. Artinya, kegiatan tersebut bisa memberikan efek yang baik terhadap stamina tubuh.

Populer video

Berita lainnya