Begini Cara Efektif Membersihkan Penumpukan Ear Wax

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Ilustrasi Membersihkan Telinga
Foto: Istimewa

Celebrithink.comEar wax atau serumen adalah cairan alami yang berfungsi melapisi dan melindungi saluran telinga. Cairan ini sebenarnya bisa membersihkan diri dan keluar secara alami saat ada gerakan mengunyah. Namun tidak sedikit yang merasa terganggu dengan kebaradaan ear wax dan memilih untuk membersihkannya.

Sayangnya, banyak yang menggunakan cotton bud untuk membersihkan ear wax, padahal itu tidak dianjurkan. Sebab, cotton bud justru mendorong kotoran telinga semakin kedalam dan rentan melukai gendang telinga. Melansir laman halodoc, begini cara efektif membersihkan ear wax yang menyumbat.

Tetes telinga

Jika jumlah ear wax yang menumpuk hanya sedikit, Anda bisa menggunakan obat tetes untuk membersihkannya. Pilihlah obat tetes yang mengandung hidrogen peroksida atau jenis peroksida lainnya. Zat ini mampu memecah kotoran telinga dan membuat lunak sehingga mudah dikeluarkan. Cara menggunakannya sebagai berikut:

  • Berbaring menyamping dan pastikan telinga menghadap ke atas
  • Teteskan sesuai dosis
  • Diamkan sejenak sekitar 5 menit sampai larutan menempel.
  • Setelah didiamkan, miringkan kepala untuk mengeluarkan cairan dan siapkan tisu untuk menampung kotorannya.

Minyak zaitun

Tuangkan beberapa tetes minyak zaitun untuk melembapkan saluran telinga. Dengan begitu, kotoran yang mengering lebih mudah dikeluarkan. Namun, sejauh ini belum ada penelitian yang membuktikan keamanannya.

Kunjungi dokter THT

Selain cara-cara di atas, solusi terbaik untuk mengeluarkan ear wax adalah mengunjungi dokter THT. Dokter akan membersihkan saluran telinga serta memeriksa tanda-tanda infeksi akibat penyumbatan kotoran.

Populer video

Berita lainnya