Awas! Ini Bahayanya Membawa Handphone ke Toilet

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Bahaya Bawa HP ke Toilet
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Dewasa ini handphone sudah menjadi barang yang wajib dibawa kemanapun. Bahkan tak sedikit yang rela kembali ke rumah ketika sedang berpergian, saat mengetahui telepon genggamnya tidak ikut serta. Saking tak mau ketinggalan, tak sedikit yang membawa handphone ke kamar mandi atau toilet. Padahal kebiasaan ini tidak baik untuk kesehatan, lho. Melansir laman klikdokter, ini bahaya membawa HP ke toilet.

Kamar mandi sumber bakteri

Kamar mandi menjadi sarang bakteri dan organisme lain yang tak kasat mata. Terlebih, jika kamar mandi digunakan oleh banyak orang. Mulai dari gagang pintu, dudukan toilet, tuas pembilas (flush), toilet jet spray, hingga keran air bisa menjadi sarang kuman. Sehingga, membawa HP ke toilet berpotensi memindahkan dan menambahkan kuman ke dalam genggaman Anda.

Handphone bisa menjadi tempat bakteri

handphone adalah salah satu benda yang sering menjadi tempat bakteri berkembang biak. Sebab, handphone sering digunakan dan diletakkan di tempat yang belum tentu bersih. Menurut sebuah penelitian, handphone adalah benda yang paling terkontaminasi bakteri dibandingkan dengan tempat duduk toilet.

Memicu gangguan pencernaan

Salah satu bakteri yang mungkin menempel di handphone adalah bakteri Salmonella. Salmonella adalah bakteri penyebab utama penyakit yang disebarkan melalui makanan. Selain Salmonella, terdapat pula bakteri Clostridium difficile. Keduanya dapat menyebabkan gangguan di saluran pencernaan.

Memicu masalah kulit wajah

Bahaya membawa handphone ke toilet juga bisa meningkatkan risiko terjangkit bakteri kelompok Staphylococcus yang bisa menyebabkan masalah di wajah dan meningkatkan risiko kulit berjerawat. Apalagi, handphone bisa menempel di wajah saat Anda melakukan aktivitas menelepon.

Menganggu proses buang air besar

Membawa handphone ketika buang air besar (BAB) bisa membuat fokus Anda teralihkan sehingga semakin lama duduk ditoilet. Secara tak sadar, menggunakan handphone saat duduk di kamar mandi dapat meningkatkan tekanan di anus. Akibatnya, risiko terjadinya wasir atau ambeien pun meningkat.

Membuat otak lelah

Kebiasaan membawa handphone ke toilet dapat membuat otak akan semakin lelah karena berkutat dengan e-mail, membalas chat, dan sebagainya. Sebaiknya manfaatkan waktu di dalam toilet untuk beristirahat sejenak dan lepas dari gadget beberapa saat.

Picu stres

Saat ke toilet seharusnya menjadi waktu untuk rehat sejenak dari rutinitas dan kegiatan. Namun, saat membawa handphone ke toilet, Anda menjadi fokus ke kegiatan yang dilakukan. Jika tidak memberikan waktu bagi pikiran untuk beristirahat sejenak, kebiasaan ini bisa saja meningkatkan rasa stres.

Populer video

Berita lainnya