Begini Cara Mencegah Munculnya Jerawat di Badan

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: IST

Celebrithink.com – Selain wajah, jerawat juga bisa muncul di area tubuh yang lain seperti punggung, dada, leher, bahu, hingga lengan bagian atas. Beberapa penyebabnya yaitu kelenjar minyak yang terlalu aktif, sel kulit mati yang berlebihan, hingga perkembangan bakteri yang menjadi penyebab jerawat.

Saat minyak dan sel-sel kulit mati terperangkap di dalam folikel atau pori-pori di kulit, sumbatan bisa terbentuk. Penyumbatan ini berkembang menjadi komedo dan dapat berkembang menjadi jerawat yang meradang jika bakteri menyerang.

Oleh karena itu, perlunya mengetahui cara mencegah timbulnya masalah jerawat di badan. Melansir laman Halodoc, berikut beberapa cara yang bisa dilakukan. 

Ganti pakaian yang penuh keringat

Segera cuci pakaian atau yang Anda pakai saat melakukan aktivitas yang menimbulkan banyak keringat. Sebab, keringat yang terperangkap berisi minyak dan kotoran, jadi sebaiknya jangan biarkan terlalu lama menempel pada kulit.

Setelah berolahraga, segera lepas pakaian yang berkeringat dan mandi untuk menghilangkan kotoran, keringat, dan minyak berlebih.

Eksfoliasi kulit

Eksfoliasi kulit ini dapat mengangkat sel-sel kulit mati dan kotoran yang ada di permukaan kulit. Dengan begitu, risiko timbulnya jerawat semakin kecil. 

Tidak hanya mengurangi ukuran dan keparahan jerawat, eksfoliasi juga membantu mencegah munculnya jerawat, komedo putih, dan komedo hitam di kemudian hari.

Mandi setiap hari

Mandi setiap hari dapat membantu membuang kontaminan atau kotoran pada permukaan kulit. Penting bagi kamu untuk melakukannya setiap hari, tidak peduli seberapa banyak atau sedikit keringat yang keluar. 

Populer video

Berita lainnya