Penyebab Munculnya Jerawat di Badan yang Jarang Disadari

Share on facebook
Share on twitter
Share on telegram
Share on whatsapp
Foto: Istimewa

Celebrithink.com – Jerawat tidak hanya muncul di area wajah saja. Bagian tubuh seperti dada, leher, bahu, hingga lengan bagian atas juga bisa terserang jerawat.

Sementara jerawat yang tumbuh di punggung disebut dengan istilahbl bacne. Semua orang dapat mengalami masalah ini, tetapi lebih rentan untuk dialami oleh remaja dan orang dewasa. Lantas apa yang memicu munculnya jerawat di tubuh? Melansir laman Halodoc, ini penjelasannya.

Fluktuasi hormonal

Salah satu penyebab jerawat di badan adalah terjadinya fluktuasi hormonal. Gangguan ini sering terjadi pada remaja dan dewasa muda. Pada wanita, masalah hormon ini dapat mengembangkan jerawat di area payudara selama menstruasi.

Saat hormon di dalam tubuh sedang berada di puncaknya, wajar apabila seseorang mengalami timbulnya jerawat. Saat hormon kembali normal, masalah ini mungkin saja sembuh dengan sendirinya.

Mengonsumsi makanan manis

Kebiasaan mengonsumsi makanan manis juga dapat menjadi salah satu pemicu terjadinya lonjakan gula darah. Hal ini menyebabkan timbulnya jerawat di dada dan bagian tubuh lainnya yang rentan alami masalah ini. 

Dehidrasi

Dehidrasi juga menjadi salah satu penyebab jerawat pada badan. Tubuh yang kekurangan cairan dapat berdampak buruk bagi kesehatan tubuh, termasuk juga kulitnya.

Saat seseorang mengalami dehidrasi, kulitnya menjadi kering dan bersisik. Dengan begitu, perlu peningkatan minyak agar kulit dapat terhidrasi kembali.

Kotoran yang tersangkut di pori-pori kulit yang berminyak dapat membuat seseorang lebih rentan untuk mengalami jerawat. Maka dari itu, pastikan mengonsumsi air yang cukup setiap hari agar terhindar dari jerawat di badan.

Kulit kering dan terpapar matahari

Paparan sinar matahari dapat memperburuk masalah jerawat, termasuk juga jerawat di tubuh. Pasalnya, terpapar sinar matahari bisa menyebabkan dehidrasi dan membuat kulit kering.

Jerawat terbentuk saat tubuh memproduksi lebih banyak minyak untuk rehidrasi kulit. Maka dari itu, cobalah menggunakan pelembap yang tidak menyebabkan sumbatan pada pori-pori dan kurangi paparan sinar matahari.

Stres

Saat tubuh sedang stres, tubuh menghasilkan hormon androgen yang memengaruhi berbagai bagian tubuh, termasuk kulit.

Di kulit, hormon-hormon ini dapat merangsang folikel rambut dan kelenjar minyak, sehingga menyebabkan lebih banyak peradangan dan pertumbuhan jerawat. 

Populer video

Berita lainnya